Cara Mengupgrade Android Jelly Bean ke KitKat Menggunakan APK

Darma Zanna

Jika Anda ingin meng-upgrade perangkat Android Jelly Bean ke KitKat menggunakan APK, ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti. Di bawah ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara melakukan upgrade dari Android Jelly Bean ke KitKat:

  1. Pastikan Kompatibilitas: Pastikan bahwa perangkat Anda kompatibel dengan versi Android KitKat. Periksa persyaratan sistem KitKat, seperti kapasitas penyimpanan yang memadai dan RAM yang cukup untuk menjalankan versi terbaru Android.

  2. Cari Firmware KitKat yang Sesuai: Cari firmware KitKat yang cocok untuk perangkat Anda. Anda bisa mencarinya di situs web resmi produsen perangkat atau di forum pengguna pihak ketiga yang terpercaya. Pastikan Anda memilih firmware yang sesuai dengan model dan varian perangkat Anda.

  3. Download APK: Setelah menemukan firmware yang sesuai, unduh APK instalasi KitKat ke perangkat Anda. Biasanya, APK ini dapat ditemukan di situs web resmi produsen perangkat atau di forum pengguna yang mengkhususkan diri dalam firmware pihak ketiga.

  4. Cadangkan Data Penting: Sebelum melanjutkan dengan upgrade, sangat penting untuk mencadangkan semua data yang penting di perangkat Anda. Ini termasuk kontak, pesan, foto, video, dan file penting lainnya. Anda dapat melakukan cadangan menggunakan layanan cloud atau menggunakan aplikasi atau perangkat lunak untuk melakukan hal ini.

  5. Aktifkan "Sumber yang Tidak Dikenal": Sebelum menginstal APK, aktifkan opsi "Sumber yang Tidak Dikenal" di perangkat Anda. Caranya adalah dengan masuk ke Pengaturan > Keamanan > Centang opsi "Sumber yang Tidak Dikenal". Ini akan memungkinkan Anda menginstal APK dari sumber yang tidak dikenal.

  6. Instal APK: Setelah mengaktifkan opsi "Sumber yang Tidak Dikenal", temukan file APK KitKat yang telah Anda unduh dan klik atau ketuk untuk memulai proses instalasi. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menyelesaikan instalasi.

  7. Proses Upgrade Firmware: Setelah instalasi selesai, perangkat Anda akan merestart dan memulai proses upgrade firmware. Biasanya, ini adalah proses otomatis yang memakan waktu beberapa menit. Pastikan perangkat Anda terhubung ke sumber daya yang mencukupi dan jangan mematikannya selama proses upgrade berlangsung.

  8. Pengaturan Awal: Setelah proses upgrade selesai, perangkat Anda akan memulai ulang ke dalam sistem Android KitKat yang baru. Anda akan diminta untuk mengatur ulang pengaturan awal perangkat Anda, seperti menghubungkan ke Wi-Fi, memasukkan akun Google Anda, dan memilih preferensi pengguna lainnya.

  9. Pulihkan Data: Setelah mengatur ulang pengaturan awal, Anda dapat memulihkan data yang telah Anda cadangkan sebelumnya. Ini akan mengembalikan kontak, pesan, foto, dan file lainnya ke perangkat Anda seperti sebelumnya.

BACA JUGA:   Cara Cek HP Xiaomi Note 4X

Demikianlah langkah-langkah untuk meng-upgrade perangkat Android Jelly Bean ke KitKat menggunakan APK. Penting untuk diingat bahwa proses upgrade secara manual seperti ini dapat memiliki risiko, dan Anda harus berhati-hati serta mengikuti petunjuk yang diberikan agar tidak merusak perangkat Anda. Juga, pastikan untuk menggunakan firmware resmi atau tepercaya untuk menjaga keamanan dan kinerja perangkat Anda.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]