Cara Membedakan Xiaomi 4X Asli dan Palsu

Darma Zanna

Xiaomi adalah salah satu merek smartphone yang populer di Indonesia. Namun, dengan popularitasnya, banyak pula produk Xiaomi palsu yang beredar di pasaran. Salah satu model yang sering dipalsukan adalah Xiaomi 4X. Bagi konsumen yang ingin membeli Xiaomi 4X, penting untuk dapat membedakan produk asli dengan yang palsu. Berikut adalah beberapa cara untuk membedakan Xiaomi 4X asli dan palsu:

1. Periksa Kualitas Build

Salah satu cara paling mudah untuk membedakan Xiaomi 4X asli dan palsu adalah dengan memeriksa kualitas build-nya. Xiaomi 4X asli biasanya memiliki kualitas konstruksi yang baik, dengan material yang solid dan rapi. Pada produk palsu, seringkali terlihat kerapatan material yang buruk, retakan atau keberatan saat digenggam. Perhatikan juga apakah semua tombol dan port pada Xiaomi 4X berfungsi dengan baik.

2. Cek Kode IMEI

Kode International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor unik yang dimiliki setiap smartphone. Cara untuk memeriksa apakah Xiaomi 4X asli atau palsu adalah dengan memeriksa kode IMEI-nya. Anda dapat menemukan kode IMEI pada kotak kemasan Xiaomi 4X asli. Setelah mendapatkan kode IMEI, periksa keasliannya dengan mengunjungi situs resmi Xiaomi atau menggunakan aplikasi pihak ke-3.

3. Lihat Sistem Operasi

Xiaomi 4X asli menggunakan MIUI, sistem operasi yang dikembangkan khusus oleh Xiaomi. Pastikan untuk memeriksa versi MIUI yang terdapat pada Xiaomi 4X yang ingin Anda beli. Jika pada Xiaomi 4X tertulis ROM Global Stable atau ROM Resmi, maka kemungkinan besar itu adalah produk Xiaomi asli. Namun, jika pada Xiaomi 4X tertulis ROM Palsu atau ROM Modifikasi, maka itu adalah produk palsu.

4. Perhatikan Logo dan Teks pada Smartphone

Xiaomi 4X asli memiliki logo yang jelas dan tajam, dengan tulisan yang terbaca dengan jelas. Jika Anda melihat logo yang buram atau tulisan yang samar pada smartphone Xiaomi 4X, itu bisa menjadi indikasi produk palsu. Perhatikan juga keberadaan stiker atau tanda khusus lainnya yang biasanya terdapat pada produk Xiaomi asli.

BACA JUGA:   Cara Mendownload Game Perang untuk Windows 8

5. Bandingkan Harga

Harga yang terlalu murah bisa menjadi indikator bahwa Xiaomi 4X yang ditawarkan adalah produk palsu. Xiaomi 4X asli memiliki harga resmi yang ditetapkan oleh Xiaomi. Jika Anda menemukan Xiaomi 4X dengan harga yang jauh lebih murah dari harga resmi, ada kemungkinan besar itu adalah produk palsu.

6. Carilah Seller Terpercaya

Dalam membeli Xiaomi 4X, pastikan untuk membeli dari penjual yang terpercaya. Jika membeli secara online, pilihlah toko online yang sudah memiliki reputasi baik. Jika membeli secara offline, pastikan untuk membeli dari toko resmi Xiaomi atau distributor yang sah.

Dengan memperhatikan beberapa poin di atas, Anda diharapkan dapat membedakan Xiaomi 4X asli dan palsu. Penting untuk melakukan pengecekan secara teliti sebelum membeli smartphone ini, agar Anda tidak tertipu dengan produk palsu yang kurang berkualitas.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]