Cara Mengubah File ISO Menjadi EXE

Darma Zanna

Mengubah file ISO menjadi EXE tidak mungkin dilakukan secara langsung. Hal ini karena file ISO adalah sebuah gambar disk yang berisi semua isi dari sebuah media seperti CD atau DVD. Sedangkan file EXE adalah file executable yang berfungsi untuk menjalankan suatu program.

Namun, Anda dapat mengubah file ISO menjadi file installer EXE. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut:

Langkah 1: Persiapkan Tools yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pengubahan file ISO menjadi file installer EXE, Anda perlu menyiapkan beberapa tools yang diperlukan, yaitu:

  1. PowerISO atau WinRAR: Anda membutuhkan salah satu dari kedua software ini untuk mengekstrak isi dari file ISO.

  2. Inno Setup Compiler: Software ini digunakan untuk membuat file installer EXE.

Langkah 2: Mengekstrak Isi File ISO

Pertama-tama, gunakan PowerISO atau WinRAR untuk mengekstrak isi dari file ISO yang ingin Anda ubah. Buka file ISO menggunakan salah satu software tersebut dan ekstrak seluruh isinya ke dalam sebuah folder di komputer Anda.

Langkah 3: Membuat File Installer EXE

Setelah Anda berhasil mengekstrak isi dari file ISO, langkah selanjutnya adalah membuat file installer EXE dengan menggunakan Inno Setup Compiler. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal Inno Setup Compiler dari situs resminya.

  2. Buka Inno Setup Compiler dan klik "File" > "New" untuk membuat proyek baru.

  3. Pada wizard yang muncul, Anda dapat mengatur pengaturan proyek seperti nama aplikasi, direktori tujuan, ikon aplikasi, dan lain-lain. Sesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan Anda.

  4. Setelah pengaturan proyek selesai, klik "Next".

  5. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menambahkan file-file yang ingin diinstal ke dalam aplikasi. Klik "Add Files" dan pilih semua file yang sudah Anda ekstrak sebelumnya dari file ISO. Anda dapat menambahkan file satu per satu atau memilih semua file sekaligus. Pastikan untuk menyertakan file-file yang penting dan diperlukan oleh aplikasi yang ingin Anda buat.

  6. Setelah menambahkan file-file yang diinginkan, klik "Next".

  7. Pada langkah ini, Anda dapat menambahkan shortcut ke desktop atau menu Start jika diperlukan. Jika tidak, klik "Next".

  8. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih pengaturan tampilan aplikasi seperti penampilan splash screen, pesan selamat datang, dan lain-lain. Sesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan Anda dan klik "Next".

  9. Pada langkah terakhir, berikan nama file installer EXE yang ingin Anda buat, dan pilih lokasi penyimpanannya. Klik "Compile" untuk memulai proses kompilasi.

  10. Setelah proses kompilasi selesai, Anda akan mendapatkan file installer EXE yang siap digunakan.

BACA JUGA:   Cara Membuat Film DVD

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, meskipun tidak dapat mengubah file ISO menjadi file EXE secara langsung, Anda dapat mengubah file ISO menjadi file installer EXE dengan langkah-langkah di atas. Dengan menggunakan PowerISO atau WinRAR, Anda dapat mengekstrak isi file ISO, dan kemudian dengan menggunakan Inno Setup Compiler, Anda dapat membuat file installer EXE yang dapat dijalankan.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]