Cara Flash Xiaomi Redmi Note 4G Dual SIM – Bahasa Indonesia

Darma Zanna

Disclaimer: Sebelum melakukan flashing, pastikan Anda memahami risiko yang terkait dengan menjalankan proses ini. Jika tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman sebelumnya, disarankan untuk mencari bantuan dari ahli atau menghubungi pusat layanan resmi Xiaomi.

Flashing merupakan proses menginstal ulang sistem operasi pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4G Dual SIM, yang merupakan salah satu metode pemecahan masalah umum seperti bootloop, berhenti di logo, atau crash aplikasi berulang. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan flashing pada Xiaomi Redmi Note 4G Dual SIM secara lengkap:

Persiapan sebelum Flashing

  1. Backup Data: Pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting yang ada di perangkat Xiaomi Redmi Note 4G Dual SIM, seperti kontak, pesan, foto, dan file pribadi lainnya. Proses flashing akan menghapus semua data di perangkat, sehingga backup sangat dianjurkan.

  2. Baterai: Pastikan daya baterai perangkat Xiaomi Redmi Note 4G Dual SIM melebihi 50% atau sambungkan ke charger saat melakukan proses flashing. Hal ini sangat penting untuk mencegah gangguan atau matinya perangkat saat proses flashing berlangsung.

  3. Unduh Firmware: Download firmware yang sesuai dengan model perangkat Xiaomi Redmi Note 4G Dual SIM Anda. Pastikan firmware yang Anda unduh berasal dari sumber yang terpercaya dan sesuai dengan versi ROM yang ingin Anda instal.

  4. Unduh dan Pasang Mi Flash Tool: Mi Flash Tool adalah alat yang digunakan untuk flashing perangkat Xiaomi. Unduh Mi Flash Tool dari situs resmi Xiaomi dan instal di komputer Anda.

Langkah-langkah Flashing

  1. Ekstrak Firmware: Ekstrak file firmware yang telah Anda unduh ke dalam folder yang mudah diakses di komputer Anda.

  2. Aktifkan Mode Pengembang: Pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4G Dual SIM, buka "Pengaturan" > "Tentang Ponsel" > tekan tujuh kali pada "Nomor Versi" untuk mengaktifkan mode pengembang. Kembali ke "Pengaturan" > "Pilihan Pengembang" > aktifkan "Pemecahan masalah USB" dan "OEM Unlocking".

  3. Masuk ke Fastboot Mode: Matikan perangkat Xiaomi Redmi Note 4G Dual SIM, kemudian tahan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan. Setelah melihat logo Fastboot, lepaskan kedua tombol.

  4. Hubungkan Perangkat ke Komputer: Sambungkan perangkat Xiaomi Redmi Note 4G Dual SIM ke komputer menggunakan kabel USB yang sesuai. Pastikan driver USB Xiaomi telah diinstal di komputer.

  5. Buka Mi Flash Tool: Buka Mi Flash Tool yang telah Anda instal di komputer. Anda akan melihat antarmuka Mi Flash Tool.

  6. Pilih Firmware: Di antarmuka Mi Flash Tool, klik tombol "Browse" dan pilih folder firmware yang telah Anda ekstrak sebelumnya di langkah 1.

  7. Mulai Flashing: Setelah firmware dipilih, klik tombol "Refresh" di Mi Flash Tool untuk mendeteksi perangkat Xiaomi Redmi Note 4G Dual SIM. Setelah perangkat terdeteksi, klik tombol "Flash" untuk memulai proses flashing. Tunggu sampai proses selesai.

  8. Selesai: Setelah proses flashing selesai, perangkat Xiaomi Redmi Note 4G Dual SIM akan me-reboot secara otomatis. Anda dapat melepaskan kabel USB dan komputer.

BACA JUGA:   Menghubungkan 2 Switch dengan 1 Router

Yay! Sekarang perangkat Xiaomi Redmi Note 4G Dual SIM Anda telah berhasil diflash. Perangkat ini akan memiliki sistem operasi yang baru dan Anda dapat mulai menggunakannya seperti biasa. Jika Anda ingin mengembalikan data yang telah Anda backup, Anda dapat melakukan restore data dari cadangan yang telah Anda buat sebelumnya.

Semoga panduan ini dapat membantu Anda dalam melakukan flashing pada Xiaomi Redmi Note 4G Dual SIM. Ingatlah untuk selalu melakukan semua langkah dengan hati-hati dan teliti. Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, disarankan untuk mencari bantuan tambahan dari ahli atau menghubungi pusat layanan resmi Xiaomi.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]