Rumah Sakit yang Pro VBAC

Darma Zanna

VBAC (Vaginal Birth After Cesarean) merupakan prosedur persalinan vaginal setelah sebelumnya dilakukan operasi caesar. Beberapa ibu menginginkan VBAC karena alasan medis atau pribadi. Oleh karena itu, penting untuk menemukan rumah sakit yang mendukung dan memiliki keahlian dalam melakukan VBAC. Berikut adalah beberapa rumah sakit di Indonesia yang dikenal sebagai rumah sakit yang pro VBAC:

1. Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Bunda

Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Bunda yang terletak di Jakarta merupakan salah satu rumah sakit yang dikenal pro VBAC. Mereka memiliki tim medis yang berpengalaman dan terlatih dalam melakukan persalinan vaginal setelah operasi caesar. Rumah sakit ini juga menyediakan fasilitas dan dukungan yang lengkap untuk memastikan keberhasilan prosedur VBAC.

2. RS Pertamina Cirebon

RS Pertamina Cirebon adalah rumah sakit yang juga diakui sebagai rumah sakit yang pro VBAC di Indonesia. Tim medisnya memiliki pengetahuan yang mendalam tentang VBAC dan memiliki keahlian dalam menangani persalinan dengan komplikasi sebelumnya. Rumah sakit ini dilengkapi dengan fasilitas medis terkini yang dibutuhkan dalam prosedur VBAC.

3. RSIA Hermina Depok

RSIA Hermina Depok juga merupakan rumah sakit yang dikenal sebagai rumah sakit yang mendukung VBAC. Mereka memiliki tenaga medis yang terampil dan memahami pentingnya VBAC bagi ibu dan bayi. Rumah sakit ini menyediakan fasilitas dan peralatan medis yang diperlukan dalam melakukan VBAC secara aman dan efektif.

4. RSUD Dr. Soetomo Surabaya

RSUD Dr. Soetomo Surabaya adalah salah satu rumah sakit pemerintah yang menerapkan VBAC. Rumah sakit ini memiliki tenaga medis yang ahli dalam melakukan persalinan vaginal setelah operasi caesar. Selain itu, RSUD Dr. Soetomo Surabaya juga dilengkapi dengan fasilitas dan teknologi medis terkini untuk memastikan keselamatan dan keberhasilan saat melakukan VBAC.

BACA JUGA:   Biaya Cek Bilirubin pada Bayi

5. RSIA Bunda Aliyah Yogyakarta

RSIA Bunda Aliyah Yogyakarta juga termasuk dalam daftar rumah sakit yang pro VBAC. Mereka memiliki tim medis yang terlatih dan berpengalaman dalam menangani persalinan vaginal setelah operasi caesar. Rumah sakit ini memastikan kebutuhan dan keamanan ibu dan bayi selama prosedur VBAC.

Penting untuk diingat bahwa meskipun rumah sakit ini dikenal sebagai rumah sakit yang mendukung VBAC, setiap kasus persalinan adalah unik. Diskusikan keinginan untuk melahirkan secara normal setelah operasi caesar dengan dokter Anda, yang akan membantu menentukan apakah VBAC aman dan layak untuk Anda. Selalu konsultasikan dengan tenaga medis terpercaya sebelum membuat keputusan mengenai metode persalinan Anda.

Sumber: Berdasarkan informasi yang dimuat di berbagai platform online terkait keberhasilan VBAC di berbagai rumah sakit di Indonesia.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]