Perbedaan Mouse Ball dengan Mouse Optik

Darma Zanna

Mouse adalah salah satu perangkat keras yang digunakan untuk menggerakkan kursor pada layar komputer. Dalam perkembangannya, mouse mengalami berbagai peningkatan teknologi, salah satunya adalah perbedaan antara mouse ball dengan mouse optik.

Mouse Ball

Mouse ball, atau sering disebut juga mouse bola, adalah jenis mouse yang menggunakan bola karet di bagian bawahnya. Bola karet ini berfungsi untuk membaca gerakan mouse saat digerakkan di atas permukaan datar.

Kelebihan dari mouse ball adalah kemampuannya untuk digunakan pada berbagai jenis permukaan, termasuk permukaan yang tidak rata. Bola karet di bawah mouse dapat berputar dan mengikuti gerakan mouse, sehingga dapat dengan mudah membaca pergerakan yang dilakukan oleh pengguna.

Namun, ada juga beberapa kelemahan yang dimiliki oleh mouse ball. Salah satunya adalah kebalikan dari kelebihan sebelumnya, yaitu dapat dengan mudah kotor dan terhalang oleh debu atau kotoran di permukaan yang digunakan. Hal ini dapat mengurangi akurasi dan responsifitas mouse ball. Selain itu, pemakaian mouse ball juga sering disertai dengan masalah mekanik lainnya, seperti slip bola atau kertas gerak yang mengganggu pengguna dalam menggunakan mouse pada layar.

Mouse Optik

Mouse optik adalah jenis mouse yang menggunakan sensor optik yang terletak di bagian bawahnya, biasanya di antara dua tombol. Sensor optik ini menggunakan sinar LED atau cahaya laser untuk membaca gerakan mouse.

Kelebihan utama dari mouse optik adalah keakuratannya dalam membaca gerakan, karena menggunakan sensor optik yang dapat menghasilkan resolusi yang tinggi. Selain itu, mouse optik juga tidak rentan terhadap masalah mekanik seperti pada mouse ball, seperti slip bola atau kertas gerak.

Namun, ada juga kelemahan yang dimiliki oleh mouse optik. Mouse optik hanya dapat digunakan pada permukaan datar seperti meja atau mousepad yang memiliki warna dan tekstur yang seragam. Permukaan yang terlalu halus atau licin dapat mengurangi akurasi dan responsifitas mouse optik.

BACA JUGA:   Cara Menyembunyikan Foto di Galeri HP Oppo

Kesimpulan

Dalam perbandingan antara mouse ball dan mouse optik, terdapat beberapa perbedaan yang dapat dilihat dari segi mekanisme kerja dan keunggulan masing-masing jenis mouse. Mouse ball memiliki kelebihan dalam kemampuan penggunaan pada berbagai permukaan, tetapi rentan terhadap kotoran dan masalah mekanik. Sementara itu, mouse optik memiliki keakuratan yang tinggi, tetapi membutuhkan permukaan datar yang seragam untuk menghasilkan kinerja yang terbaik.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]