Perbandingan Bluetooth 4.0 vs 4.1

Darma Zanna

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik dengan jarak pendek. Versi Bluetooth yang berbeda menawarkan fitur dan tingkat kinerja yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan membandingkan Bluetooth 4.0 dengan Bluetooth 4.1 untuk mencari tahu perbedaan utama di antara keduanya.

1. Kecepatan Transfer Data

Bluetooth 4.0, juga dikenal sebagai Bluetooth Low Energy (BLE) atau Bluetooth Smart, dirancang untuk mengonsumsi daya rendah dan memiliki kecepatan transfer data yang lebih rendah dibandingkan dengan Bluetooth 4.1. Transfer data pada Bluetooth 4.0 berjalan pada kecepatan maksimal 1 Mbps, sedangkan Bluetooth 4.1 dapat mencapai kecepatan maksimal 2 Mbps. Jadi, Bluetooth 4.1 memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibandingkan dengan Bluetooth 4.0.

2. Penggunaan Daya

Bluetooth 4.0 dirancang untuk mengonsumsi daya yang sangat rendah, terutama untuk aplikasi yang membutuhkan konektivitas jangka panjang atau perangkat dengan daya baterei yang terbatas. Bluetooth 4.1 mempertahankan efisiensi energi Bluetooth 4.0, tetapi juga menawarkan fitur tambahan yang membantu mengoptimalkan penggunaan daya. Salah satu fitur tersebut adalah Smart Beaconing, yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan frekuensi yang lebih rendah saat tidak ada data yang ditransfer. Dengan demikian, Bluetooth 4.1 dapat memberikan penghematan daya lebih baik daripada Bluetooth 4.0.

3. Konektivitas

Bluetooth 4.1 memperkenalkan fitur Dual Mode, yang mendukung operasi perangkat dalam mode klasik Bluetooth atau mode Low Energy. Fitur ini memungkinkan perangkat Bluetooth 4.1 untuk terhubung dengan lebih banyak perangkat dengan Bluetooth 4.0 atau versi sebelumnya. Ini memungkinkan kompatibilitas yang lebih baik dengan perangkat lama dan memperluas jangkauan konektivitas. Bluetooth 4.0 hanya mendukung mode Low Energy, sehingga terbatas dalam hal keterhubungan dengan perangkat Bluetooth yang lebih tua.

BACA JUGA:   Manfaat Revolusioner Teknologi Pangan untuk Generasi Muda

4. Keamanan

Bluetooth 4.1 menghadirkan perbaikan keamanan yang signifikan dibandingkan dengan Bluetooth 4.0. Fitur keamanan tambahan mencakup enkripsi Secure Simple Pairing (SSP) dan mode peningkatan keamanan Low Energy Secure Connections. Ini membantu melindungi komunikasi nirkabel dari serangan luar dan meningkatkan keamanan data yang dikirimkan melalui koneksi Bluetooth. Bluetooth 4.0 telah ditemukan memiliki beberapa kelemahan keamanan, sehingga Bluetooth 4.1 lebih unggul dari segi keamanan.

5. Bluetooth Smart Ready

Bluetooth 4.0 dikenal dengan sebutan Bluetooth Smart atau Bluetooth Smart Ready. Ini berarti perangkat yang menggunakan Bluetooth 4.0 hanya memiliki kemampuan Low Energy dan hanya dapat berkomunikasi dengan perangkat Bluetooth Smart Ready. Bluetooth 4.1 juga mencakup fitur Low Energy, tetapi juga mendukung fitur lengkap Bluetooth klasik. Dengan kata lain, perangkat Bluetooth 4.1 dapat berkomunikasi dengan perangkat Bluetooth Smart Ready maupun perangkat Bluetooth klasik.

Dalam kesimpulannya, Bluetooth 4.1 menyempurnakan dan menambah fitur Bluetooth 4.0 dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, penggunaan daya yang lebih efisien, kompatibilitas yang lebih baik dengan perangkat lama, peningkatan keamanan, dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan perangkat Bluetooth Smart Ready maupun Bluetooth klasik. Jadi, jika Anda mencari konektivitas yang lebih efisien dan fleksibilitas yang lebih besar, Bluetooth 4.1 adalah pilihan yang lebih baik daripada Bluetooth 4.0.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]