Menghubungkan 2 Switch dengan 1 Router

Darma Zanna

Pengenalan

Dalam jaringan komputer, sering kali diperlukan koneksi antara beberapa switch dan router. Router digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan, sedangkan switch digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat di dalam sebuah jaringan lokal. Untuk menghubungkan 2 switch dengan 1 router, diperlukan beberapa langkah konfigurasi untuk memastikan koneksi yang stabil dan efisien.

Langkah-langkah Menghubungkan 2 Switch dengan 1 Router

1. Menghubungkan Switch ke Port Router

Langkah pertama adalah menghubungkan salah satu port switch ke salah satu port router. Port router yang digunakan untuk menghubungkan dengan switch disebut dengan istilah "Trunk Port". Trunk Port adalah sebuah port yang dapat mengirimkan dan menerima data dengan format yang ditentukan, sehingga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan atau switch.

2. Konfigurasi Trunk Port pada Router

Setelah menghubungkan switch ke router, kita perlu melakukan konfigurasi pada trunk port di router. Konfigurasi ini dilakukan agar fungsi trunk port dapat berjalan dengan baik. Untuk mengkonfigurasi trunk port pada router, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Interface Configuration Mode pada router dengan menggunakan perintah config terminal.
  • Pilih port yang akan dijadikan trunk port dengan menggunakan perintah interface <nama port>.
  • Ubah mode port menjadi trunk dengan menggunakan perintah switchport mode trunk.
  • Simpan konfigurasi dengan menggunakan perintah end dan write memory.

3. Menghubungkan Switch Pertama dengan Switch Kedua

Selanjutnya, kita perlu menghubungkan switch pertama dengan switch kedua. Hal ini diperlukan agar perangkat yang terhubung ke switch pertama dapat berkomunikasi dengan perangkat yang terhubung ke switch kedua. Caranya adalah dengan menggunakan kabel Ethernet yang terhubung ke port uplink atau port trunk pada kedua switch.

4. Konfigurasi VLAN pada Switch

Setelah switch pertama dan switch kedua terhubung, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi VLAN pada kedua switch. VLAN (Virtual Local Area Network) adalah sebuah metode untuk membagi dan mengelompokkan perangkat di dalam jaringan. Dengan menggunakan VLAN, kita dapat membuat beberapa jaringan virtual di dalam satu jaringan fisik.

BACA JUGA:   Teknologi Informasi dan Komunikasi: Pilar Kunci Era Digital

Langkah-langkah untuk mengkonfigurasi VLAN pada switch adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Global Configuration Mode pada switch dengan menggunakan perintah configure terminal.
  • Buat VLAN baru dengan menggunakan perintah vlan <nomor>.
  • Assign nama pada VLAN dengan menggunakan perintah name <nama VLAN>.
  • Pilih port yang akan termasuk dalam VLAN tersebut dengan menggunakan perintah interface <nama port>.
  • Set VLAN ID pada port tersebut dengan menggunakan perintah switchport access vlan <nomor VLAN>.
  • Simpan konfigurasi dengan menggunakan perintah end dan write memory.

5. Ulangi Langkah 3 dan 4 pada Switch Kedua

Langkah-langkah yang telah dilakukan pada switch pertama perlu diulangi pada switch kedua. Hal ini dilakukan agar kedua switch terhubung dalam satu jaringan VLAN yang sama.

Kesimpulan

Menghubungkan 2 switch dengan 1 router dapat dilakukan dengan beberapa langkah konfigurasi yang disebutkan di atas. Dengan melakukan konfigurasi trunk port pada router dan VLAN pada switch, kita dapat menghubungkan perangkat-perangkat di dalam jaringan secara efisien dan terorganisir.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]