Cara Menggunakan Tongsis Kabel di HP Oppo

Darma Zanna

Tongsis kabel atau yang lebih dikenal dengan wired selfie stick adalah alat yang biasa digunakan untuk mengambil foto selfie dengan jarak yang lebih jauh menggunakan kabel sebagai penghubung ke smartphone. Jika Anda menggunakan HP Oppo, berikut adalah langkah-langkah serta tips untuk menggunakan tongsis kabel di HP Oppo:

1. Pastikan Kompatibilitas

Sebelum menggunakan tongsis kabel, pastikan terlebih dahulu bahwa kompatibel dengan HP Oppo Anda. Periksa spesifikasi tongsis kabel serta fitur-fitur yang diberikan. Setidaknya, tongsis kabel harus mendukung sistem operasi Android yang digunakan oleh HP Oppo Anda.

2. Hubungkan Tongsis Kabel ke HP Oppo

Langkah pertama adalah menghubungkan tongsis kabel ke HP Oppo. Caranya adalah dengan memasukkan kabel konektor pada port USB yang tersedia pada HP Oppo. Pastikan konektor tersambung dengan baik agar tongsis kabel dapat berfungsi dengan baik.

3. Aktifkan Mode Penyandian USB

Setelah menghubungkan tongsis kabel ke HP Oppo, Anda perlu mengaktifkan mode penyandian USB. Pada HP Oppo, mode penyandian USB disebut dengan USB Debugging Mode. Caranya adalah:

  • Buka "Pengaturan" pada HP Oppo Anda.
  • Gulir ke bawah dan temukan opsi "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat".
  • Di dalamnya, cari opsi "Nomor Ketuk" atau "Nomor Build". Ketuk opsi ini tujuh kali hingga muncul pesan yang mengatakan "Anda sekarang adalah pengembang!" atau "Developer mode has been turned on".
  • Kembali ke menu "Pengaturan" dan Anda akan melihat menu baru yang bernama "Opsi Pengembang" atau "Developer Options".
  • Masuk ke menu ini dan aktifkan opsi "USB Debugging" atau "Debugging USB".

4. Buka Aplikasi Kamera

Setelah mengaktifkan mode penyandian USB, buka aplikasi kamera pada HP Oppo Anda. Pastikan aplikasi kamera sudah terbuka dan siap digunakan. Beberapa tongsis kabel memiliki tombol shutter yang dapat digunakan untuk mengambil foto. Jika tidak, Anda dapat menggunakan tombol volume pada HP Oppo sebagai pengganti tombol shutter.

BACA JUGA:   Teknologi Informasi vs Teknik Informatika: Memahami Perbedaan Kunci

5. Letakkan HP Oppo di Tongsis

Selanjutnya, letakkan HP Oppo Anda di bagian klip atau holder yang ada pada tongsis kabel. Pastikan HP Oppo terpasang dengan aman dan tidak mudah terlepas. Periksa kembali koneksi antara HP Oppo dengan tongsis kabel.

6. Mengambil Foto Selfie

Setelah HP Oppo terpasang dengan aman pada tongsis kabel, Anda dapat mulai mengambil foto selfie. Jarak pemotretan dapat disesuaikan dengan panjang tongsis kabel yang Anda gunakan. Gunakan tombol shutter pada tongsis kabel atau tombol volume pada HP Oppo untuk memicu kamera mengambil foto.

Tips Menggunakan Tongsis Kabel di HP Oppo

  • Pastikan tongsis kabel Anda kompatibel dengan HP Oppo yang Anda gunakan.
  • Periksa sambungan tongsis kabel dengan HP Oppo sebelum menggunakan untuk menghindari masalah perekaman.
  • Pastikan mode penyandian USB atau USB Debugging telah diaktifkan pada HP Oppo Anda sebelum menghubungkan tongsis kabel.
  • Cek ulang kualitas foto atau video yang dihasilkan setelah menggunakan tongsis kabel untuk memastikan hasil yang memuaskan.
  • Perhatikan batas jarak aman saat menggunakan tongsis kabel untuk menghindari cedera atau kerusakan pada HP Oppo Anda.

Dengan menggunakan tongsis kabel di HP Oppo, Anda dapat memperluas jarak pemotretan saat mengambil foto selfie. Ikuti langkah-langkah di atas dan Anda akan dapat mengambil foto selfie dengan lebih mudah dan bebas dari keterbatasan jarak.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]