Biaya Cek Darah di Puskesmas Tangerang

Darma Zanna

Pertanyaan yang diajukan adalah mengenai biaya cek darah di puskesmas di Kota Tangerang. Berikut ini adalah informasi terkait biaya yang biasanya dikenakan untuk melakukan cek darah di puskesmas di Tangerang.

Biaya Standar Cek Darah di Puskesmas

Biaya cek darah di puskesmas dapat bervariasi tergantung dari jenis pemeriksaan yang dilakukan. Namun, secara umum biaya yang dikenakan untuk cek darah di puskesmas di Tangerang adalah relatif terjangkau dan lebih murah dibandingkan dengan fasilitas kesehatan lainnya.

Pada umumnya, biaya cek darah di puskesmas di Tangerang dapat berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 100.000. Harga ini dapat berbeda lagi tergantung dari jenis dan jumlah parameter/lab-test yang Anda periksa.

Jenis Pemeriksaan yang Tersedia

Puskesmas di Tangerang biasanya menawarkan berbagai jenis pemeriksaan darah yang dapat Anda lakukan. Beberapa jenis pemeriksaan darah yang umum dilakukan di puskesmas meliputi:

  1. Hemoglobin: Pemeriksaan ini dapat mengukur kadar hemoglobin dalam darah.
  2. Golongan Darah: Pemeriksaan ini untuk mengetahui golongan darah seseorang.
  3. Kolesterol: Pemeriksaan ini mengukur kadar kolesterol total dalam darah.
  4. Gula Darah: Pemeriksaan ini untuk memeriksa kadar gula dalam darah.
  5. Asam Urat: Pemeriksaan ini mengukur kadar asam urat dalam darah.

Selain itu, terdapat pula pemeriksaan lainnya seperti tes darah rutin untuk memeriksa jumlah sel darah merah dan putih, serta tes fungsi hati dan ginjal yang umumnya memerlukan biaya tambahan.

Prosedur untuk Cek Darah di Puskesmas

Untuk melakukan cek darah di puskesmas di Tangerang, Anda perlu mengikuti beberapa prosedur berikut:

  1. Kunjungi Puskesmas: Datanglah langsung ke puskesmas yang terdekat dengan membawa kartu identitas atau kartu pasien saat melakukan registrasi.
  2. Konsultasi dengan Petugas: Setelah melakukan registrasi, Anda akan dikonsultasikan dengan petugas medis mengenai jenis pemeriksaan yang Anda butuhkan.
  3. Pengambilan Sampel Darah: Setelah konsultasi, petugas medis akan melakukan pengambilan sampel darah sesuai dengan jenis pemeriksaan yang Anda pilih.
  4. Pembayaran Biaya: Setelah pengambilan sampel darah, Anda akan diminta untuk membayar biaya cek darah sesuai dengan tarif yang berlaku di puskesmas tersebut.
  5. Menunggu Hasil: Sampel darah yang telah diambil akan dianalisis di laboratorium puskesmas. Anda perlu menunggu beberapa saat hingga hasil pemeriksaan keluar.
  6. Pengambilan Hasil: Setelah hasil keluar, Anda dapat kembali ke puskesmas untuk mengambil hasil pemeriksaan.
BACA JUGA:   Klinik Fetomaternal Gulardi Centre: Kehadiran yang Penting dalam Perawatan Ibu dan Janin

Kesimpulan

Biaya cek darah di puskesmas di Tangerang berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 100.000, tergantung dari jenis dan jumlah parameter yang diperiksa. Puskesmas menyediakan berbagai jenis pemeriksaan darah, seperti hemoglobin, golongan darah, kolesterol, gula darah, dan asam urat. Anda perlu mengikuti prosedur registrasi, konsultasi dengan petugas, pengambilan sampel darah, pembayaran biaya, dan pengambilan hasil untuk melakukan cek darah di puskesmas tersebut.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]