Tips Liburan Murah ke Jogja

Darma Zanna

Halo! Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Jogja namun ingin tetap menjaga anggaran, berikut adalah beberapa tips liburan murah yang dapat Anda terapkan:

1. Pilih Waktu yang Tepat

Salah satu cara untuk menghemat biaya liburan adalah dengan memilih waktu yang tepat. Coba hindari musim liburan atau waktu-waktu libur nasional lainnya karena pada saat itu harga-harga tiket pesawat, penginapan, dan transportasi umum cenderung lebih mahal. Sebagai contoh, hindari liburan pada akhir pekan atau pada saat libur sekolah agar Anda dapat menikmati tarif yang lebih terjangkau.

2. Pesan Transportasi Lebih Awal

Jika Anda berencana menggunakan pesawat untuk pergi ke Jogja, sangat disarankan untuk memesan tiket pesawat lebih awal. Dengan memesan tiket jauh sebelum keberangkatan, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu, selalu cek penawaran promo dari maskapai penerbangan atau situs penyedia tiket online untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

3. Cari Penginapan yang Terjangkau

Jogja memiliki berbagai pilihan penginapan yang murah dan nyaman. Anda dapat mencari penginapan melalui situs atau aplikasi pemesanan online yang menyediakan beragam pilihan, mulai dari hotel, hostel, guest house, hingga homestay yang sesuai dengan anggaran Anda. Jika Anda merencanakan liburan dengan teman atau keluarga, pertimbangkan untuk menyewa villa atau guest house bersama untuk membagi biaya penginapan.

4. Manfaatkan Transportasi Umum

Di Jogja, Anda bisa menghemat biaya transportasi dengan memanfaatkan angkutan umum seperti bus, trans Jogja, ataupun becak. Trans Jogja adalah pilihan yang terjangkau dan mudah digunakan untuk berkeliling ke tempat-tempat wisata di Jogja. Selain itu, jika memiliki skill mengendarai sepeda, Anda dapat menyewa sepeda dengan harga yang terjangkau sebagai alternatif untuk berkeliling kota.

BACA JUGA:   Panduan Lengkap Wisata Hemat di Bekasi

5. Cari Makanan Lokal

Jogja terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan terjangkau. Coba cari tempat makan yang dihuni oleh penduduk lokal, seperti warung makan, kaki lima, atau pasar tradisional. Di sana Anda dapat menemukan berbagai hidangan lezat dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan restoran atau tempat makan wisata lainnya.

6. Manfaatkan Paket Wisata

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata populer di Jogja, pertimbangkan untuk bergabung dengan paket wisata grup. Biasanya, paket wisata grup dapat memberikan harga yang lebih murah dibandingkan jika Anda pergi sendiri atau bersama keluarga. Selain itu, dengan memilih paket wisata, Anda juga akan mendapatkan transportasi yang terjamin dan panduan wisata yang akan memudahkan perjalanan Anda.

7. Jelajahi Wisata Gratis

Jogja juga memiliki berbagai tempat wisata yang tidak memerlukan biaya masuk. Anda dapat mengunjungi Malioboro, Taman Sari, hingga pantai-pantai seperti Parangtritis dan Baron yang menawarkan pemandangan alam yang indah tanpa dikenakan biaya. Jelajahi juga tempat wisata alam seperti Gunung Merapi atau Goa Pindul yang menawarkan pengalaman seru tanpa perlu mengeluarkan uang.

8. Belanja Oleh-oleh dengan Bijak

Jogja juga terkenal dengan oleh-olehnya yang beragam. Sebelum membeli oleh-oleh, pastikan Anda membandingkan harga di beberapa tempat terlebih dahulu untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Anda juga bisa mengunjungi pasar atau pusat oleh-oleh tradisional untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau dan produk-produk yang lebih autentik.

9. Manfaatkan Aplikasi Travel

Terakhir, manfaatkan aplikasi travel yang dapat memberikan informasi terkini, diskon, serta penawaran menarik untuk liburan Anda ke Jogja. Aplikasi seperti Traveloka, Pegipegi, atau Klook bisa membantu Anda dalam mencari tiket pesawat, penginapan, atau paket wisata dengan harga yang lebih terjangkau.

BACA JUGA:   Pesona Glamping di Pangalengan: Menginap Mewah di Alam Terbuka

Itulah beberapa tips liburan murah ke Jogja. Dengan perencanaan yang matang dan pemilihan pilihan yang bijak, Anda dapat menikmati liburan seru di Jogja tanpa menguras kantong. Selamat berlibur!

Also Read

Bagikan:

[addtoany]