Resep Maksuba Kukus

Darma Zanna

Maksuba adalah hidangan tradisional Indonesia yang populer terutama di daerah Jawa Tengah. Maksuba merupakan sejenis kue kukus yang terbuat dari tepung terigu, santan, telur, dan gula. Hidangan ini memiliki rasa manis yang lezat dan tekstur yang lembut. Berikut ini adalah resep lengkap untuk membuat Maksuba kukus yang enak.

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 250 ml santan
  • 3 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sendok teh vanili
  • 1/2 sendok teh garam

Langkah-langkah:

  1. Pertama-tama, siapkan wadah untuk mencampurkan bahan-bahan kering. Campurkan tepung terigu, gula pasir, vanili, dan garam dalam wadah tersebut. Aduk rata.

  2. Selanjutnya, buatlah lubang di tengah adonan kering. Pecahkan telur ke dalam lubang tersebut.

  3. Kocok telur menggunakan garpu hingga rata. Setelah itu, tambahkan juga santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga semua bahan tercampur rata.

  4. Setelah adonan tercampur dengan baik, biarkan adonan istirahat selama kurang lebih 30 menit agar adonan mengembang dengan sempurna.

  5. Siapkan alat kukusan dan panaskan air dalam panci kukusan.

  6. Sementara menunggu adonan mengembang, siapkan loyang atau wadah yang telah diolesi dengan sedikit minyak agar adonan tidak lengket.

  7. Setelah adonan mengembang, tuangkan adonan ke dalam loyang atau wadah yang telah disiapkan.

  8. Letakkan loyang atau wadah adonan ke dalam panci kukusan yang telah dipanaskan. Tutup panci kukusan rapat dan kukus adonan selama kurang lebih 30-40 menit.

  9. Setelah 30-40 menit, cek kekematangan adonan dengan cara menusuknya menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, maka maksuba sudah matang.

  10. Angkat maksuba dari panci kukusan dan biarkan dingin sejenak sebelum memotongnya.

  11. Maksuba kukus siap disajikan. Anda dapat menyajikannya sebagai hidangan penutup atau camilan di waktu senggang.

BACA JUGA:   Grasstrack adalah Olahraga Balap Motor yang Digelar di Lintasan Tanah

Selamat mencoba resep Maksuba kukus yang lezat ini! Jangan lupa untuk berbagi dengan sanak saudara atau teman-teman Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]