Peraturan Menteri Pariwisata tentang Desa Wisata

Darma Zanna

Pendahuluan

Belakangan ini, pariwisata desa semakin populer di Indonesia. Desa-desa wisata menawarkan pengalaman yang unik kepada wisatawan, serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Untuk memberikan panduan dan mengatur perkembangan desa wisata, Kementerian Pariwisata mengeluarkan Peraturan Menteri Pariwisata tentang Desa Wisata.

Tujuan dan Manfaat Peraturan

  1. Meningkatkan pengembangan desa wisata: Peraturan ini bertujuan untuk membantu pengembangan desa wisata sebagai destinasi pariwisata yang menarik.
  2. Menjamin kualitas dan keberlanjutan desa wisata: Peraturan ini memberikan pedoman tentang infrastruktur, pengelolaan lingkungan, serta pengembangan produk dan pemasaran desa wisata agar tetap terjaga kualitasnya dan dapat berkelanjutan.
  3. Peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal: Dengan pengembangan desa wisata yang baik, diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat, seperti peningkatan lapangan kerja dan pendapatan.

Isi Peraturan Menteri Pariwisata tentang Desa Wisata

Peraturan ini mencakup beberapa hal penting terkait desa wisata:

1. Definisi Desa Wisata

Peraturan tersebut memberikan definisi desa wisata sebagai desa yang memiliki potensi sumber daya alam, budaya, dan kearifan lokal yang dapat dikembangkan sebagai destinasi pariwisata.

2. Persyaratan untuk Desa Wisata

Peraturan ini juga menetapkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah desa untuk diakui sebagai desa wisata, antara lain:

  • Memiliki keunikan budaya dan tradisi yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan.
  • Memiliki keindahan alam yang menarik dan terjaga.
  • Memiliki infrastruktur dan pelayanan dasar yang memadai untuk mendukung kegiatan wisata.

3. Pembentukan dan Pengelolaan Desa Wisata

Peraturan ini mengatur langkah-langkah pembentukan dan pengelolaan desa wisata, seperti:

  • Pembentukan kelompok masyarakat yang akan mengelola desa wisata.
  • Pembuatan rencana pengembangan desa wisata yang meliputi infrastruktur, pengelolaan lingkungan, serta pengembangan produk dan pemasaran.
  • Mekanisme pengelolaan keuangan dalam pengembangan desa wisata, termasuk sumber pendanaan dan penggunaannya.
BACA JUGA:   Pesona Ciwidey: Permata Tersembunyi di Selatan Bandung

4. Pengawasan dan Evaluasi

Peraturan ini juga mengatur mekanisme pengawasan dan evaluasi terhadap perkembangan desa wisata, dengan melibatkan Kementerian Pariwisata dan instansi terkait. Pengawasan dan evaluasi dilakukan secara berkala untuk memastikan desa wisata tetap memenuhi standar yang ditetapkan.

Kesimpulan

Peraturan Menteri Pariwisata tentang Desa Wisata memiliki tujuan yang jelas untuk meningkatkan pengembangan desa wisata, menjamin kualitas dan keberlanjutan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Peraturan ini juga mengatur persyaratan, pembentukan, pengelolaan, dan pengawasan desa wisata. Dengan adanya peraturan ini, diharapkan desa wisata di Indonesia dapat terus berkembang dan menjadi destinasi pariwisata yang terkenal di dunia.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]