Mengapa Screenshot 3 Jari Oppo Tidak Berfungsi?

Darma Zanna

Pengenalan

Screenshot adalah cara yang umum digunakan untuk merekam tampilan layar ponsel Anda. Namun, pada beberapa perangkat Oppo, pengguna mengalami masalah dengan fungsi screenshot menggunakan 3 jari. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan beberapa alasan mengapa screenshot 3 jari Oppo mungkin tidak berfungsi.

1. Tidak Aktifkan Fitur 3 jari

Pertama-tama, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur 3 jari pada ponsel Oppo Anda. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan ponsel Anda.
  2. Cari dan buka menu "Gerak dan Gestur".
  3. Aktifkan opsi "Screenshot Tiga Jari" jika belum aktif.

Jika fitur ini tidak diaktifkan, fungsi screenshot 3 jari tidak akan berfungsi.

2. Model Tertentu Tidak Mendukung

Beberapa model ponsel Oppo mungkin tidak mendukung fungsi screenshot 3 jari. Pemeriksaan manual pada dokumen pengguna atau situs web resmi Oppo bisa menjadi cara yang baik untuk memastikan apakah ponsel Anda mendukung fitur ini atau tidak.

3. Tindakan Gesture yang Salah

Screenshot 3 jari pada Oppo bekerja dengan cara yang sangat khusus. Gesture yang digunakan biasanya mencakup ketiga jari yang menyentuh layar secara bersamaan dan menggulung ke arah bawah. Pastikan Anda menggunakan tindakan gesture yang benar saat mencoba mengambil screenshot menggunakan 3 jari.

4. Masalah Teknis

Jika Anda telah mengikuti langkah-langkah yang benar dan fitur screenshot 3 jari masih tidak berfungsi, mungkin terdapat masalah teknis yang mempengaruhi ponsel Oppo Anda. Berikut beberapa solusi yang dapat Anda coba:

  • Restart ponsel Anda: Beberapa masalah teknis dapat teratasi dengan melakukan restart ponsel.
  • Perbarui perangkat lunak: Periksa apakah ada pembaruan sistem yang tersedia dan perbarui ponsel Anda ke versi terbaru.
  • Bersihkan cache sistem: Cache yang berlebihan dapat mengganggu fungsi normal ponsel. Coba bersihkan cache sistem untuk melihat apakah masalah bisa teratasi.
BACA JUGA:   Forum BB 21

5. Membatasi oleh Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang diinstal pada ponsel Oppo Anda mungkin mengganggu fungsi screenshot 3 jari. Untuk menentukan apakah aplikasi ini menyebabkan masalah, cobalah untuk mem-boot ponsel Anda ke "Safe Mode" dan periksa apakah fitur screenshot 3 jari berfungsi di sana. Jika iya, maka kemungkinan aplikasi pihak ketiga yang diinstal di ponsel Anda menjadi penyebab masalah.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan beberapa alasan mengapa screenshot 3 jari Oppo mungkin tidak berfungsi. Pastikan Anda telah mengaktifkan fitur 3 jari dan menggunakan tindakan gesture yang benar. Jika masalah masih berlanjut, periksa model ponsel Anda, perbarui perangkat lunak, dan pertimbangkan aplikasi pihak ketiga yang mungkin mempengaruhi fungsi screenshot 3 jari.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]