Mengapa Cake Mengempis

Darma Zanna

Cake adalah salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh banyak orang. Rasanya yang manis dan lezat membuat banyak orang tergoda untuk mencicipinya. Namun, terkadang kita mengalami masalah ketika membuat cake, yaitu ketika cake kita menjadi mengempis. Lalu, mengapa cake mengempis? Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan cake mengempis.

1. Fermentasi yang Kurang

Salah satu faktor utama yang menyebabkan cake mengempis adalah fermentasi yang kurang sempurna. Fermentasi adalah proses di mana adonan cake mengalami perubahan kimia dan membentuk gelembung udara. Gelembung udara tersebut akan membuat cake mengembang dan menghasilkan tekstur yang ringan dan mengembang.

Jika fermentasi tidak sempurna, maka adonan cake tidak akan menghasilkan cukup gelembung udara. Ketika adonan dimasukkan ke dalam oven untuk dipanggang, gelembung udara yang tidak cukup akan pecah dan mengakibatkan cake mengempis. Oleh karena itu, penting untuk memastikan adonan cake mengalami fermentasi yang baik dengan memberikan waktu yang cukup bagi adonan untuk mengembang.

2. Bahan yang Tidak Tepat

Pemilihan bahan yang tepat juga sangat penting untuk mencegah cake mengempis. Beberapa bahan yang bisa mempengaruhi kekempisan cake adalah:

  • Baking powder: Baking powder adalah bahan yang umum digunakan dalam pembuatan cake. Baking powder mengandung zat pengembang yang akan memberikan efek mengembang pada adonan cake. Jika jumlah baking powder yang digunakan terlalu sedikit atau kurang berkualitas, maka cake bisa menjadi mengempis.

  • Telur: Telur adalah salah satu bahan utama dalam pembuatan cake. Telur berperan penting dalam memberikan tekstur dan kekentalan pada adonan cake. Jika jumlah telur yang digunakan tidak sesuai atau telur yang digunakan terlalu kecil, maka cake dapat mengempis.

  • Tepung terigu: Tepung terigu adalah bahan pokok dalam pembuatan cake. Penggunaan tepung terigu yang tepat dapat menghasilkan cake yang teksturnya lembut dan tidak mengempis. Jika tepung terigu yang digunakan terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka cake bisa mengempis.

BACA JUGA:   Mengapa Belanda Mencari Rempah-rempah ke Indonesia

3. Pengolahan yang Tidak Tepat

Metode pengolahan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan cake menjadi mengempis. Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kualitas pengolahan adonan cake adalah:

  • Pencampuran adonan: Pencampuran adonan harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak terlalu lama. Jika adonan terlalu lama diaduk, gluten dalam tepung terigu akan terbentuk secara berlebihan dan menyebabkan cake mengempis.

  • Suhu oven: Suhu oven yang tidak tepat dapat mempengaruhi hasil akhir cake. Jika suhu oven terlalu rendah, cake tidak akan matang dengan baik dan mengempis. Jika suhu oven terlalu tinggi, cake dapat mengembang dengan cepat namun kemudian ambruk dan menjadi mengempis.

  • Pemanggangan yang tidak merata: Jika adonan tidak dipanggang secara merata, bagian tengah cake akan mengalami penurunan dan mengempis. Oleh karena itu, perlu memastikan bahwa adonan cake dipanggang dengan secara merata.

Dalam pembuatan cake, faktor fermentasi, pemilihan bahan yang tepat, dan pengolahan yang benar sangat berpengaruh terhadap hasil akhir cake. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, kita dapat mencegah cake menjadi mengempis dan memperoleh cake yang lezat dengan tekstur yang sempurna.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]