Mengapa Bumi Itu Bulat? – Jawaban Lucu

Darma Zanna

Bumi dianggap bulat karena tidak ada yang bisa menemukan sudutnya yang runcing. Saya tahu jawaban ini terdengar lucu, tapi mari kita bahas lebih serius.

Pertama-tama, kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan "bulat". Bumi sebenarnya tidak sempurna bulat, tetapi memiliki bentuk yang lebih mirip dengan sebuah geoide, yaitu bentuk bulat angkur yang sedikit melebar di ekuator dan sedikit mendatar di kutub. Ini disebabkan oleh rotasi Bumi yang menyebabkan gaya sentrifugal, yang membuat Bumi melebar di tengah dan menjadi lebih pipih di kutub.

Namun, mengapa Bumi memiliki bentuk ini? Satu jawabannya adalah gravitasi. Gravitasi Bumi menarik semua benda di permukaan menuju pusat Bumi. Jadi, jika Anda meletakkan banyak benda di permukaan Bumi, gravitasi akan menarik semua benda tersebut menuju pusat Bumi dan meratakan permukaan Bumi sehingga mencapai bentuk bulat.

Selain itu, ada pula teori tumbukan besar yang disebut "Teori Tumbukan Raksasa" yang menjelaskan pembentukan Bumi. Konon, sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, Bumi terbentuk ketika benda-benda langit berukuran besar menabrak satu sama lain dan akhirnya membentuk planet yang kita kenal sekarang. Proses ini menyebabkan Bumi menjadi bulat karena benda-benda tersebut saling menarik dan meratakan permukaan.

Selanjutnya, jika Bumi itu datar seperti yang beberapa orang klaim, maka mengapa tidak semua orang yang berada di berbagai belahan dunia melihat matahari terbit dan terbenam pada waktu yang sama? Jika Bumi datar, maka semua orang di seluruh dunia akan melihat matahari terbit dan terbenam secara bersamaan. Namun, kenyataannya, kita dapat melihat perbedaan waktu matahari terbit dan terbenam di berbagai belahan dunia, yang menunjukkan bahwa Bumi memiliki bentuk yang melengkung seperti bola.

BACA JUGA:   Cara Menyimpan Video Komentar Facebook

Ada banyak bukti lain yang menunjukkan bahwa Bumi itu bulat, salah satunya adalah foto-foto yang diambil dari luar angkasa. Astronot dan satelit telah mengambil foto-foto Bumi yang berbentuk bulat, bahkan hampir seperti lingkaran sempurna ketika dilihat dari jauh. Jadi, jika Bumi itu datar, maka bagaimana kita menjelaskan foto-foto tersebut?

Jadi, meskipun pertanyaan ini sangat lucu, jawabannya tetap serius. Bumi itu bulat karena dipengaruhi oleh gravitasi, teori tumbukan raksasa dalam pembentukannya, perbedaan waktu matahari terbit dan terbenam di berbagai belahan dunia, serta bukti visual dari foto-foto Bumi yang diambil dari luar angkasa.

Segera menuju kesimpulan.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]