Harga Vaksin Prevenar di Pasaran

Darma Zanna

Vaksin Prevenar adalah salah satu vaksin yang digunakan untuk melindungi anak-anak dari penyakit pneumokokus. Pneumokokus merupakan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius seperti pneumonia, meningitis, dan sepsis.

Vaksin Prevenar pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan farmasi Pfizer pada tahun 2000. Vaksin ini memiliki efektivitas yang tinggi dalam mencegah penyakit pneumokokus pada anak-anak. Namun, harga vaksin Prevenar menjadi perhatian banyak orang mengingat vaksin ini memiliki biaya yang cukup tinggi.

Harga Vaksin Prevenar di Indonesia

Di Indonesia, vaksin Prevenar dijual dalam bentuk per botol vaksin dengan isi 0,5 ml. Harga vaksin ini dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhi, seperti tempat pembelian, klinik atau rumah sakit yang menyediakan vaksin, serta subsidi yang diberikan oleh pemerintah.

Secara umum, harga vaksin Prevenar di pasaran Indonesia berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 500.000 per botol vaksin. Harga tersebut belum termasuk biaya administrasi atau pelayanan medis yang mungkin ditambahkan oleh klinik atau rumah sakit.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Vaksin Prevenar

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga vaksin Prevenar di pasaran:

  1. Perusahaan Farmasi: Harga vaksin ditentukan oleh perusahaan farmasi yang memproduksinya. Perusahaan farmasi seperti Pfizer menetapkan harga yang mereka anggap pantas berdasarkan biaya produksi, penelitian, dan keuntungan yang diinginkan.

  2. Distribusi: Proses distribusi vaksin juga mempengaruhi harga. Biaya transportasi, penyimpanan, dan pengiriman dapat menambahkan biaya tambahan pada harga jual vaksin.

  3. Ketersediaan Subsidi: Pemerintah kadang-kadang memberikan subsidi untuk vaksinasi anak-anak guna meningkatkan aksesibilitas vaksin. Subsidi ini dapat mengurangi harga jual vaksin Prevenar.

  4. Pengadaan: Klinik atau rumah sakit yang menyediakan vaksin juga dapat mempengaruhi harga. Beberapa tempat mungkin menawarkan penawaran khusus atau diskon tertentu, yang dapat memengaruhi harga secara keseluruhan.

BACA JUGA:   Apotik Anakku Sayang

Penutup

Harga vaksin Prevenar di pasaran Indonesia cenderung cukup tinggi, namun hal ini dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti tempat pembelian, subsidi pemerintah, dan tawaran khusus dari klinik atau rumah sakit. Penting untuk mencari informasi terbaru dari sumber yang terpercaya sebelum memutuskan untuk melakukan vaksinasi menggunakan Prevenar demi kesehatan anak-anak kita.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]