Descriptive Text: Candi Prambanan

Darma Zanna

Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata bersejarah yang terletak di Yogyakarta, Indonesia. Candi ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang paling terkenal di Indonesia. Dalam bahasa Jawa, "prambanan" berarti "banyak rambut", mengacu pada nama desa tempat candi ini berada, yaitu desa Prambanan.

Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Sanjaya, khususnya Raja Rakai Pikatan. Candi ini awalnya merupakan pusat keagamaan bagi agama Hindu Saivisme. Candi Prambanan dibangun sebagai kompleks kuil yang terdiri dari tiga candi utama, yaitu Candi Shiva, Candi Brahma, dan Candi Vishnu. Ketiga candi ini melambangkan Trimurti dalam agama Hindu, yaitu tiga dewa utama dalam panteon Hindu.

Namun, pada abad ke-10, Kerajaan Mataram Hindu di Jawa mengalami kejatuhan dan candi Prambanan ditinggalkan dan terlantar. Seiring berjalannya waktu, candi ini terkubur di bawah tanah dan hampir dilupakan. Pada akhir abad ke-18, candi Prambanan mulai digali kembali oleh pemerintah Belanda. Restorasi besar-besaran dilakukan pada awal abad ke-20, dan candi ini kembali menjadi salah satu objek wisata terkenal di Indonesia.

Arsitektur Candi Prambanan

Candi Prambanan memiliki arsitektur yang sangat megah dan indah. Candi ini dibangun dengan menggunakan batu andesit yang dipahat dengan sangat halus oleh para pengrajin pada masa itu. Tinggi Candi Shiva, yang merupakan candi utama, mencapai sekitar 47 meter, menjadikannya sebagai candi Hindu tertinggi di Indonesia.

Candi Prambanan memiliki tiga zona yakni zona Vishnu, zona Siwa dan zona Brahma. Masing-masing zona terdiri dari kelompok candi kecil yang mengelilingi candi utama. Di sekitar candi utama, terdapat relief-relief yang menceritakan kisah-kisah dari epik Ramayana dan Mahabharata, dua naskah suci dalam agama Hindu.

BACA JUGA:   Tips Liburan ke Labuan Bajo

Pengalaman Wisata di Candi Prambanan

Kunjungan ke Candi Prambanan akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Saat masuk ke kompleks candi, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan arsitektur kuno yang luar biasa. Bangunan yang megah dan terawat dengan baik, menjadikan suasana di dalam candi sangat khusyuk. Pengunjung juga dapat mengikuti tur melihat-lihat dan mendengarkan penjelasan dari pemandu wisata yang ada di sana.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan tari Ramayana yang diadakan di malam hari. Pertunjukan ini diadakan di panggung terbuka dengan latar belakang candi, sehingga menciptakan suasana yang sangat magis dan memikat. Pertunjukan tari Ramayana ini mengisahkan kisah cinta dan peperangan antara Ramayana dan Rahwana.

Tips Berkunjung ke Candi Prambanan

Untuk pengunjung yang ingin mengunjungi Candi Prambanan, sebaiknya datang pada pagi atau sore hari untuk menghindari cuaca yang terlalu panas. Sediakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang baik karena akan ada banyak jalan dan anak tangga yang harus ditempuh.

Pastikan juga untuk membawa air minum dan tabir surya, karena cuaca di Yogyakarta bisa sangat panas. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena Candi Prambanan merupakan tempat yang sangat fotogenik dan indah untuk diabadikan.

Inilah beberapa informasi mengenai Candi Prambanan, tempat wisata bersejarah yang kaya akan budaya dan keindahan arsitektur. Pengunjung tidak hanya akan dikagumi oleh keindahan candi, tetapi juga dapat belajar tentang sejarah dan kebudayaan Hindu di Indonesia.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]