Contoh Fikmin Sunda

Darma Zanna


Fikmin atau film merupakan salah satu jenis media visual yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam budaya modern. Di Indonesia sendiri, terdapat beragam jenis film yang diproduksi, salah satunya adalah film dalam bahasa Sunda. Film-film berbahasa Sunda ini memiliki ciri khas dan nuansa budaya yang kental, menjadikannya menarik untuk dieksplorasi.

Berikut ini akan disajikan beberapa contoh film berbahasa Sunda yang menggambarkan keunikan dan keindahan dari budaya Sunda.

1. "Janji Joni" (2005)

Fikmin ini merupakan salah satu film komedi asal Indonesia yang mengangkat kehidupan seorang pemuda Betawi bernama Joni. Meskipun berlatar belakang budaya Betawi, film ini tetap mampu memasukkan unsur-unsur budaya dan logat bahasa Sunda dalam beberapa adegannya. Hal ini menunjukkan adanya perpaduan antara budaya Sunda dan Betawi dalam kehidupan masyarakat Jakarta.

2. "Galih dan Ratna" (2017)

Film ini merupakan remake dari film klasik berjudul sama yang dirilis pada tahun 1979. "Galih dan Ratna" mengisahkan tentang kisah cinta dua remaja asal Sunda yang berasal dari keluarga yang berbeda. Film ini sangat baik dalam menampilkan nuansa kebudayaan Sunda, terutama dalam hal kostum, musik, dan aksen bahasa yang digunakan oleh para pemainnya.

3. "Laut Bercermin" (2019)

Film yang satu ini merupakan film drama yang menceritakan tentang perjalanan hidup seorang penyanyi Sunda yang terkenal pada tahun 1970-an. Film ini berhasil memvisualisasikan budaya Sunda melalui penyampaian lirik lagu-lagu Sunda yang indah dan pemandangan alam yang menakjubkan di wilayah Sunda.

4. "Banyu Biru" (2019)

Film drama musikal ini mengisahkan tentang perjuangan seorang perempuan dalam menjalani kehidupannya di perkotaan yang jauh dari tanah kelahirannya di Cirebon, Jawa Barat. Meskipun tidak sepenuhnya berbahasa Sunda, film ini tetap menampilkan kebudayaan Sunda melalui tarian-tarian tradisional Sunda yang indah.

BACA JUGA:   Alasan Eropa Sangat Membutuhkan Rempah-Rempah

5. "Lutung Kasarung" (2011)

Film animasi yang diadaptasi dari legenda rakyat Sunda ini menggambarkan petualangan seorang putri jelita yang diubah menjadi monyet oleh ibu tirinya. Film ini tidak hanya menyajikan cerita legenda yang unik, tetapi juga menampilkan keindahan alam Sunda dan kebudayaan Sunda dalam bentuk animasi yang menarik.

Film-film di atas merupakan contoh nyata dari bagaimana kebudayaan Sunda dapat diangkat dalam fikmin-fikmin yang berbahasa Sunda. Melalui medium ini, kebudayaan Sunda dapat diperkenalkan kepada masyarakat luas dan melestarikan adat-istiadat serta tradisi yang ada dalam budaya Sunda.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]