Cara Flash Tablet Cina

Darma Zanna

Flashing atau melakukan pembaruan firmware pada tablet Cina bisa menjadi solusi untuk mengatasi berbagai masalah, seperti bootloop, mati total, atau performa yang lambat. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan proses flashing tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan flashing tablet Cina.

Persiapan Sebelum Flashing

Sebelum melakukan flashing tablet Cina, kita perlu mempersiapkan beberapa hal penting, antara lain:

  1. Backup Data: Pastikan untuk melakukan backup semua data yang ada di tablet, seperti foto, video, atau dokumen penting. Proses flashing dapat menghapus semua data di dalam tablet, jadi backup adalah langkah yang sangat penting agar data tidak hilang.

  2. Baterai yang Cukup: Pastikan tablet memiliki daya baterai yang cukup sebelum memulai proses flashing. Jika baterai tablet terlalu lemah, sebaiknya kita mengisi daya baterai terlebih dahulu untuk menghindari kegagalan pada proses flashing.

  3. Firmware yang Sesuai: Dapatkan firmware yang sesuai dengan model tablet Cina yang kita miliki. Hindari menggunakan firmware dari tablet Cina lain atau firmware yang tidak resmi, karena dapat merusak perangkat.

  4. Driver yang Diperlukan: Pastikan untuk menginstal driver yang diperlukan agar tablet dapat terhubung dengan komputer. Cari driver yang kompatibel dengan model dan merek tablet Cina kita.

Langkah-Langkah Flashing Tablet Cina

Setelah melakukan persiapan di atas, kita dapat melanjutkan dengan langkah-langkah flashing tablet Cina:

  1. Ekstrak Firmware: Ekstrak file firmware yang telah kita download sebelumnya. Pastikan kita mendapatkan file firmware berformat .img atau .pac yang dapat digunakan pada alat flashing yang akan kita gunakan.

  2. Instal Alat Flashing: Instal alat flashing (flash tool) yang sesuai dengan merek dan model tablet Cina kita. Pilih alat flashing yang populer dan terpercaya, seperti SP Flash Tool atau Research Download Tool. Pastikan untuk mengunduh versi yang kompatibel dengan firmware yang kita miliki.

  3. Buka Alat Flashing: Buka alat flashing yang telah diinstal di komputer. Biasanya kita akan menemukan tampilan alat flashing seperti jendela program.

  4. Masukkan Firmware: Dalam alat flashing, cari opsi "Scatter-loading" atau "Browse". Klik opsi tersebut dan cari file firmware yang telah kita ekstrak sebelumnya. Pilih file tersebut dan klik "Open" untuk memasukkannya ke alat flashing.

  5. Persiapkan Tablet: Matikan tablet Cina kita, lalu hubungkan ke komputer melalui kabel USB. Pastikan koneksi USB berfungsi dengan baik dan terdeteksi oleh komputer.

  6. Mulai Flashing: Klik opsi "Download" atau "Flash" di dalam alat flashing untuk memulai proses flashing tablet Cina. Tunggu beberapa saat hingga proses flashing selesai. Jangan cabut kabel USB atau matikan komputer selama proses berlangsung.

  7. Selesai: Setelah proses flashing selesai, alat flashing akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan bahwa proses telah berhasil. Pada tahap ini, kita dapat mematikan alat flashing dan melepaskan tablet dari komputer.

BACA JUGA:   Inovasi dan Strategi dalam Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya IPB

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat melakukan flashing pada tablet Cina dengan lebih mudah dan aman. Namun, perlu diingat bahwa proses flashing memiliki risiko tertentu. Jika tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam melakukan flashing, sebaiknya serahkan kepada teknisi ahli yang berpengalaman. Selalu lakukan langkah-langkah dengan hati-hati dan pastikan untuk mengikuti petunjuk yang valid dan resmi.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]