Buah-Buahan yang Dilarang Bagi Ibu Hamil

Darma Zanna

1. Salak

Salak merupakan salah satu buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah salak mengandung tinggi kalium dan gula. Meskipun kalium dibutuhkan oleh tubuh, jumlah yang berlebih dapat menyebabkan gangguan kesehatan, terutama pada ibu hamil dengan kondisi kesehatan tertentu seperti gangguan ginjal atau tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan gula yang tinggi dalam buah salak juga dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional.

2. Sawo

Sawo juga termasuk buah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Sawo mengandung tinggi serat, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau konstipasi. Selain itu, sawo juga mengandung zat kimia yang disebut tanin yang bisa menyebabkan perut kembung dan gangguan pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil membatasi konsumsi buah sawo.

3. Durian

Durian merupakan buah yang sangat populer di Indonesia, namun sebaiknya dikonsumsi dengan hati-hati oleh ibu hamil. Durian diketahui memiliki efek panas pada tubuh, dan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bagi ibu hamil. Selain itu, durian juga mengandung tinggi kalori dan lemak, yang jika dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil membatasi atau menghindari konsumsi durian.

4. Nanas

Buah nanas mengandung enzim bromelain yang dapat merangsang kontraksi rahim dan bahkan menyebabkan keguguran pada kasus yang ekstrem. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, nanas juga dapat menyebabkan perut mulas atau diare pada ibu hamil. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil menghindari konsumsi nanas, terutama dalam bentuk jus.

5. Jeruk Keprok

Meskipun kaya akan vitamin C, jeruk keprok juga termasuk buah yang tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah jeruk keprok mengandung kandungan asam yang tinggi dan bisa menyebabkan refluks asam lambung. Hal ini bisa menyebabkan perasaan tidak nyaman atau bahkan nyeri perut pada ibu hamil. Selain itu, konsumsi jeruk keprok dalam jumlah besar juga bisa menyebabkan diare.

BACA JUGA:   Larangan Ibu Hamil 4 Bulan

6. Belimbing

Belimbing juga termasuk buah yang harus dihindari oleh ibu hamil. Buah ini mengandung asam oksalat yang tinggi, yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal atau batu ginjal pada ibu hamil. Selain itu, belimbing juga bisa memperburuk gejala mual dan muntah yang sering dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama.

7. Jambu Biji

Walaupun rasanya segar dan manis, jambu biji juga termasuk buah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Jambu biji mengandung serat yang tinggi, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau konstipasi. Selain itu, jambu biji mengandung zat astringen yang dapat menyebabkan perut kembung dan gangguan pencernaan.

Perlu diingat bahwa daftar buah-buahan di atas adalah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Namun, setiap ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengubah atau menambahkan buah ke dalam diet ibu hamil.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]