Alasan Mengapa Umroh Sangat Penting

Darma Zanna

Umroh merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk umat Muslim di seluruh dunia. Meskipun bukan merupakan kewajiban seperti haji, umroh tetap mempunyai berbagai kelebihan dan manfaat yang membuatnya penting bagi umat Muslim untuk melaksanakannya. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa umroh sangat penting:

1. Mendapatkan Pahala yang Besar

Ibadah umroh memiliki pahala yang sangat besar di sisi Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "Umul quran dukhulul jannah" yang artinya, "Berhubungan dengan al-Qur’an adalah masuk surga." Umroh merupakan salah satu bentuk ibadah yang dekat dengan al-Qur’an, karena banyaknya waktu yang dihabiskan dalam berdoa, membaca al-Qur’an, dan berzikir di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Oleh karena itu, melaksanakan umroh dapat menjadi sarana untuk mendapatkan pahala yang besar dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Menjadi Renungan untuk Kematian

Umroh juga menjadi kesempatan yang baik untuk merefleksikan kehidupan dan menyadari kematian sebagai bagian dari takdir yang pasti menimpa setiap individu. Ketika melaksanakan umroh, kita melaksanakan beberapa ritual yang mengingatkan kita pada kematian seperti melakukan thawaf di Ka’bah yang melambangkan orbit kematian dan memakamkan diri kita sendiri di Hijr Ismail yang merupakan kuburan Nabiyullah Ismail dan Siti Hajjar. Hal ini dapat membantu kita untuk mengingat tujuan hidup yang sebenarnya dan melakukan perbaikan diri sebelum akhir hayat tiba.

3. Kesempatan untuk Memohon Ampunan dan Doa

Umroh memberikan kesempatan yang langka untuk memohon ampunan dan memperbanyak doa kepada Allah SWT. Karena di Masjidil Haram terdapat Hajar Aswad, kita dapat berdoa di dekatnya sambil memohon ampunan dan meminta pengampunan dosa-dosa kita. Juga, di Bukit Marwah dan Safa, kita dapat berdoa mengingat perjuangan Siti Hajar dalam mendapatkan air Zamzam. Selain itu, kita juga bisa berdoa di Raudhah di dalam Masjid Nabawi, tempat dimana Rasulullah SAW beristirahat dan berdoa. Kesempatan ini sangat istimewa dan penting bagi setiap Muslim dalam mencari pengampunan dan meluahkan segala kekhawatiran dan harapan.

BACA JUGA:   Alamat PT Anugerah Langkat Makmur Medan

4. Meningkatkan Keterikatan dengan Allah dan Rasulullah

Melaksanakan umroh juga dapat memberikan kita pengalaman langsung yang mendalam mengenai kisah hidup dan perjuangan Rasulullah SAW. Dalam umroh, kita dapat mengunjungi berbagai tempat yang terkait dengan kehidupan Rasulullah, seperti rumahnya, Masjid Quba, Jabal Uhud, dan makam para sahabat. Dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah ini, kita dapat memperdalam rasa cinta dan keterikatan kita dengan beliau serta mengambil teladan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

5. Menyegarkan Jiwa dan Meningkatkan Ketaqwaan

Umroh juga bisa menjadi kesempatan untuk menyegarkan jiwa dan meningkatkan ketaqwaan kita. Dengan menjalankan ibadah umroh, kita terpisah dari rutinitas sehari-hari dan masalah dunia yang kadang membuat kita terlalu terikat dan lupa akan tujuan hidup sebenarnya. Berada di Tanah Suci, memperbanyak ibadah, dan bersama umat Muslim yang lain dapat menimbulkan perasaan kesucian dan kedekatan dengan Allah SWT. Dalam kesunyian malam di Masjidil Haram, kita juga bisa merenung, berdoa, dan memperkuat hubungan spiritual.

6. Meningkatkan Persaudaraan Muslim

Umroh juga memberikan kesempatan untuk bertemu umat Muslim dari berbagai negara di seluruh dunia. Sepanjang perjalanan umroh, kita berada dalam satu rombongan yang memiliki tujuan yang sama, yaitu mengunjungi Tanah Suci dan beribadah kepada Allah SWT. Hal ini menciptakan ikatan persaudaraan yang kuat antar umat Muslim dari berbagai budaya, bahasa, dan latar belakang. Bukan hanya beribadah, kita juga dapat saling berbagi pengalaman dan inspirasi dalam ibadah.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]