Tips Liburan Murah ke Jepang

Darma Zanna

Pilih waktu yang tepat untuk pergi

Untuk mendapatkan harga tiket pesawat dan akomodasi yang lebih murah, penting untuk memilih waktu yang tepat untuk pergi ke Jepang. Biasanya, musim gugur (September-November) dan musim semi (Maret-Mei) adalah waktu yang paling populer untuk mengunjungi Jepang. Namun, ini juga merupakan puncak musim wisata sehingga harga tiket pesawat dan harga hotel cenderung lebih tinggi. Jika Anda ingin menghemat uang, pertimbangkan untuk pergi pada musim yang kurang populer seperti musim dingin (Desember-Februari) atau musim panas (Juni-Agustus).

Cari tiket pesawat murah

Agar dapat menemukan tiket pesawat yang murah, carilah dengan teliti dan bandingkan berbagai maskapai penerbangan. Gunakan situs perbandingan harga tiket pesawat untuk membandingkan harga dari berbagai situs. Periksa juga apakah ada promo atau penawaran diskon yang sedang berjalan. Selain itu, cobalah untuk fleksibel dengan tanggal keberangkatan dan kedatangan Anda. Terkadang tiket pesawat lebih murah jika Anda bepergian di hari yang tidak ramai atau menggunakan beberapa transit.

Pilih akomodasi yang terjangkau

Penginapan di Jepang dapat menjadi salah satu pengeluaran terbesar selama perjalanan. Agar dapat menghemat uang, pertimbangkan untuk menginap di guesthouse atau hostel yang biasanya lebih terjangkau dibandingkan hotel. Selain itu, jika Anda bepergian dengan kelompok atau keluarga besar, sewa apartemen atau rumah liburan juga bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis daripada memesan beberapa kamar hotel.

Gunakan transportasi umum

Transportasi umum di Jepang sangat efisien dan dapat menjadi pilihan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan rental mobil atau taksi. Gunakan JR Pass jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan antarkota dengan kereta Shinkansen. JR Pass menawarkan tiket kereta dengan harga diskon yang dapat menghemat uang Anda. Selain itu, pertimbangkan menggunakan bus atau kereta lokal untuk keliling kota, karena biayanya lebih rendah daripada taksi.

BACA JUGA:   Pesona Darajat Pass: Permata Tersembunyi di Garut

Makan di restoran lokal

Makan di restoran lokal atau warung makan murah adalah cara yang baik untuk menghemat uang selama liburan di Jepang. Hindari restoran mewah atau restoran dengan menu berhargalah yang biasanya lebih mahal. Cobalah untuk mencicipi makanan di restoran pinggir jalan atau kantin pabrik yang menyajikan hidangan lokal dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, jangan lupakan untuk mencoba makanan jajanan lokal seperti ramen, sushi, atau takoyaki yang dijual di kedai jalanan.

Gunakan aplikasi penghematan

Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda menghemat uang selama liburan di Jepang. Misalnya, aplikasi seperti Traveloka, Agoda, atau Booking.com dapat membantu Anda menemukan hotel atau penginapan dengan harga terbaik. Aplikasi seperti Japan Official Travel App juga dapat menjadi panduan yang berguna selama perjalanan, memberikan informasi tentang tempat wisata, acara, dan pengangkutan umum di Jepang.

Jelajahi tempat-tempat wisata gratis atau murah

Jepang memiliki banyak tempat wisata yang gratis atau dengan harga masuk yang terjangkau. Misalnya, taman-taman kota, kuil, atau taman bermain adalah tempat yang seringkali gratis atau dengan harga masuk yang murah. Beberapa tempat wisata populer juga menawarkan tiket masuk diskon jika Anda datang di jam-jam tertentu atau menggunakan tiket keluarga. Manfaatkan informasi ini untuk membuat rencana perjalanan yang hemat biaya.

Gunakan kartu transportasi yang berlaku di seluruh Jepang

Jika Anda berencana untuk banyak berkeliling Jepang selama liburan, pertimbangkan untuk menggunakan kartu transportasi seperti Suica atau Pasmo. Kartu-kartu ini dapat digunakan untuk membayar transportasi umum di hampir semua kota di Jepang, termasuk kereta, bus, dan taksi. Dengan menggunakan kartu transportasi ini, Anda dapat menghemat waktu dan uang karena tidak perlu membeli tiket setiap kali Anda menggunakan transportasi umum.

BACA JUGA:   Tips Liburan ke Korea Musim Gugur

Berbelanja pintar

Jepang terkenal dengan toko-toko serba ada dan pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai produk unik. Namun, penting untuk berbelanja dengan bijak agar tidak melebihi anggaran liburan Anda. Cari toko-toko diskon seperti Don Quijote atau toko serba ada 100 Yen untuk membeli souvenir atau barang sehari-hari dengan harga yang lebih terjangkau. Jika Anda ingin membeli barang-barang elektronik, pertimbangkan untuk mengunjungi toko elektronik besar di Akihabara di Tokyo yang sering kali menawarkan harga diskon.

Dengan mengikuti beberapa tips yang telah kami berikan di atas, Anda dapat merencanakan liburan ke Jepang yang lebih terjangkau tanpa mengorbankan pengalaman wisata yang luar biasa. Selamat berlibur!

Also Read

Bagikan:

[addtoany]