Tips Liburan ke Thailand Murah

Darma Zanna

1. Pilih Waktu yang Tepat

Untuk mendapatkan liburan yang murah ke Thailand, pilihlah waktu kunjungan yang tepat. Hindari musim liburan tinggi seperti bulan Desember dan Januari, karena pada saat itu harga tiket pesawat dan akomodasi akan lebih mahal. Sebaiknya pilihlah bulan-bulan di luar musim liburan seperti bulan Februari hingga April atau bulan September hingga November.

2. Cari Tiket Pesawat dengan Harga Terbaik

Lakukan pencarian tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Bandingkan harga tiket dari beberapa maskapai dan gunakan situs pencarian tiket online yang dapat menampilkan harga tiket termurah seperti Skyscanner, Traveloka, atau Tiket.com. Jika memungkinkan, fleksibel dengan jadwal keberangkatan dan pulang agar dapat menemukan harga tiket yang lebih murah.

3. Pilih Akomodasi yang Terjangkau

Selain tiket pesawat, akomodasi merupakan salah satu elemen terbesar dalam anggaran liburan. Untuk menghemat biaya akomodasi selama di Thailand, pilihlah akomodasi yang terjangkau seperti hostel, guesthouse, atau penginapan budget lainnya. Gunakan situs hotel online yang dapat membandingkan harga dan mencari promo, seperti Agoda, Booking.com, atau Airbnb.

4. Cicipi Makanan Lokal

Hindari makan di restoran mewah atau berkelas internasional selama liburan di Thailand. Cicipilah makanan lokal yang lebih murah dan autentik. Jajanan kaki lima atau makan di warung makan akan memberikan pengalaman yang lebih dekat dengan budaya lokal. Selain itu, hindari juga membeli makanan atau minuman di tempat wisata turis yang harganya biasanya lebih tinggi.

5. Gunakan Transportasi Umum

Hindari menggunakan taksi atau transportasi pribadi selama di Thailand. Gunakanlah transportasi umum seperti kereta api, bus, atau tuk-tuk untuk berpindah-pindah tempat. Transportasi umum di Thailand lebih murah dibandingkan dengan menggunakan taksi atau transportasi pribadi. Selain itu, dapat pula menyewa sepeda atau motor untuk menghemat biaya transportasi.

BACA JUGA:   Tips Hemat Liburan ke Pantai

6. Berbelanja di Pasar Tradisional dan Night Market

Untuk membeli oleh-oleh atau berbelanja kebutuhan sehari-hari, kunjungilah pasar tradisional atau night market di Thailand. Harga di pasar tradisional umumnya lebih murah dan bisa ditawar, sedangkan night market seringkali menyediakan produk-produk unik dengan harga yang terjangkau. Jadi, manfaatkan kesempatan ini untuk berbelanja dengan harga yang lebih murah.

7. Hindari Tempat Wisata Turis Populer

Tempat wisata populer di Thailand biasanya memiliki harga tiket masuk yang cukup mahal. Untuk menghemat biaya, hindarilah tempat-tempat wisata tersebut dan carilah alternatif tempat wisata yang kurang populer. Thailand memiliki banyak tempat menarik yang belum begitu terkenal, tetapi tetap indah dan menawarkan pengalaman yang seru.

8. Patuhi Aturan dan Regulasi

Selama liburan di Thailand, penting untuk mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku. Salah satu contohnya adalah menghindari biaya denda karena pelanggaran lalu lintas seperti tidak menggunakan helm saat mengendarai motor. Hindari juga mengambil atau merusak barang-barang yang merupakan peninggalan sejarah atau budaya Thailand, karena dapat dikenakan denda yang cukup tinggi.

9. Jelajahi Destinasi dengan Berjalan Kaki atau Naik Sepeda

Untuk menikmati keindahan Thailand secara lebih murah, jelajahi destinasi wisata dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, Anda juga akan lebih dekat dengan alam dan budaya setempat. Thailand memiliki banyak tempat yang cocok untuk dijelajahi dengan berjalan kaki atau sepeda, seperti Pulau Phi Phi dan Old Town di Phuket.

10. Manfaatkan Aplikasi Ponsel

Manfaatkan berbagai aplikasi ponsel yang dapat membantu Anda menghemat biaya selama liburan di Thailand. Misalnya, aplikasi penerjemah bahasa Thai untuk berkomunikasi dengan masyarakat setempat, aplikasi cuaca untuk mengetahui kondisi cuaca sebelum pergi, atau aplikasi navigasi untuk memudahkan dalam mencari tempat tujuan. Beberapa aplikasi juga menyediakan promo khusus untuk wisatawan.

BACA JUGA:   Tips Liburan Murah ke Nepal

Dengan mengikuti tips liburan ke Thailand yang murah di atas, Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan tanpa perlu menguras kantong. Selamat berlibur!

Also Read

Bagikan:

[addtoany]