Tips Liburan Hemat ke Jogja

Darma Zanna

Transportasi

  1. Pilih transportasi yang tepat: Daripada mengeluarkan biaya lebih banyak untuk tiket pesawat, pertimbangkan menggunakan transportasi darat seperti kereta atau bus. Biasanya, tiket kereta atau bus lebih murah daripada tiket pesawat.

  2. Periksa promo tiket: Seringkali, maskapai penerbangan atau perusahaan transportasi darat menawarkan promo tiket dengan harga yang lebih murah. Pastikan untuk memeriksa situs web atau aplikasi mereka secara berkala untuk mendapatkan penawaran terbaik.

  3. Gunakan transportasi umum: Ketika berada di Jogja, manfaatkan angkutan umum seperti Trans Jogja, ojek online, atau rental sepeda. Ini akan jauh lebih murah daripada menyewa mobil atau naik taksi.

Akomodasi

  1. Pilih penginapan yang murah: Jogja memiliki banyak pilihan penginapan yang sesuai dengan berbagai anggaran. Cari hotel atau homestay yang sesuai dengan anggaran Anda dan periksa ulasan dari tamu sebelumnya untuk memastikan kualitasnya.

  2. Gunakan layanan pemesanan online: Situs web seperti Booking.com atau Traveloka sering menawarkan diskon dan penawaran khusus untuk penginapan di Jogja. Bandingkan harga dari berbagai situs web untuk mendapatkan harga terbaik.

  3. Cari penginapan dengan dapur bersama: Jika memungkinkan, pilih penginapan yang dilengkapi dengan dapur bersama. Ini akan membantu Anda menghemat biaya makanan dengan memasak sendiri.

Makanan

  1. Cari warung makan atau kuliner kaki lima: Jogja terkenal dengan beragam makanan khas yang murah dan lezat. Cari warung makan atau kuliner kaki lima yang populer di antara penduduk setempat. Selain menghemat uang, Anda juga bisa merasakan makanan otentik Jogja.

  2. Hindari makan di tempat wisata: Restoran atau kafe di tempat wisata biasanya lebih mahal daripada tempat yang berlokasi di luar area wisata. Untuk menghemat uang, makanlah di tempat yang lebih lokal dan jauh dari keramaian.

  3. Bawa bekal: Ketika berkeliling Jogja, siapkan bekal dari penginapan Anda atau beli makanan di pasar untuk dibawa saat pergi. Ini akan menghindarkan Anda dari membeli makanan mahal di sepanjang perjalanan.

BACA JUGA:   Cerita Wisata di Pulau Bali

Tempat Wisata

  1. Buat itinerari yang efisien: Rencanakan kunjungan Anda dengan cermat dan kelompokkan tempat wisata yang berdekatan untuk menghemat waktu dan uang dalam transportasi.

  2. Manfaatkan kartu atau tiket masuk paket: Beberapa tempat wisata di Jogja menawarkan kartu masuk paket atau tiket kombinasi dengan harga yang lebih murah. Periksa apakah ada penawaran seperti ini untuk tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi.

  3. Kunjungi tempat-tempat wisata gratis atau murah: Jogja memiliki beberapa tempat wisata yang tidak memerlukan biaya masuk atau hanya memerlukan biaya masuk yang terjangkau. Misalnya, Anda bisa mengunjungi Pantai Parangtritis, Malioboro, atau Kraton Yogyakarta yang biaya masuknya minimal.

Belanja oleh-oleh

  1. Cari pusat oleh-oleh terjangkau: Jogja terkenal dengan oleh-olehnya yang murah meriah. Cari pusat oleh-oleh seperti Pasar Beringharjo atau Malioboro untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

  2. Bandingkan harga: Jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas Jogja, jangan langsung membeli di toko pertama yang Anda temui. Bandingkan harga di beberapa toko sebelum memutuskan untuk membeli.

  3. Cari produk dengan masa kedaluwarsa yang masih lama: Beberapa oleh-oleh khas Jogja, seperti makanan ringan, memiliki masa kedaluwarsa yang relatif lama. Pilih produk dengan masa kedaluwarsa yang masih cukup lama untuk menghindari pemborosan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat merencanakan liburan hemat ke Jogja tanpa mengorbankan kesenangan dan pengalaman wisata yang menarik. Selamat berlibur!

Also Read

Bagikan:

[addtoany]