Teknologi Komunikasi Zaman Batu: Dari Isyarat ke Piktogram

Darma Zanna

Lukisan Gua: Gambar sebagai Pesan

Pada zaman prasejarah, manusia belum mengenal tulisan dan bahasa yang terstruktur. Mereka menggunakan lukisan gua sebagai salah satu bentuk komunikasi pertama. Lukisan-lukisan ini tidak hanya menggambarkan kehidupan sehari-hari tetapi juga berfungsi sebagai alat komunikasi untuk berbagi informasi, seperti lokasi sumber air atau area berburu yang subur.

Bahasa Isyarat: Komunikasi Tanpa Kata

Sebelum bahasa lisan berkembang, manusia purba menggunakan isyarat tangan dan gerakan tubuh untuk berkomunikasi. Isyarat ini mungkin termasuk menunjuk, membuat gerakan yang meniru bentuk binatang, atau menggunakan ekspresi wajah untuk menyampaikan emosi atau peringatan bahaya.

Alat Bunyi: Dari Dengusan ke Trompet Tanduk

Manusia prasejarah juga mengembangkan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi sebagai sarana komunikasi. Ini termasuk gendang yang terbuat dari kulit binatang dan trompet dari tanduk binatang. Bunyi-bunyian ini digunakan untuk berbagai tujuan, seperti memanggil anggota kelompok atau mengusir hewan buas.

Simbol dan Piktogram: Awal Mula Tulisan

Pada masa sejarah, bangsa Sumeria adalah salah satu yang pertama kali mengembangkan bentuk tulisan dengan simbol piktograf. Simbol-simbol ini merupakan representasi visual dari objek dan ide yang memungkinkan komunikasi yang lebih kompleks dan penyimpanan informasi.

Hieroglif Mesir: Komunikasi Melalui Simbol

Bangsa Mesir kuno menggunakan hieroglif, yang merupakan simbol-simbol yang mewakili objek, ide, atau suara. Hieroglif ini digunakan untuk mencatat peristiwa penting, ritual keagamaan, dan untuk administrasi kerajaan.

Papyrus dan Kertas: Revolusi Media Tulis

Papyrus, yang diciptakan di Mesir, dan kertas, yang ditemukan oleh Tsai Lun dari Cina, merevolusi cara manusia menyimpan dan menyebarkan informasi. Kedua media ini memungkinkan penulisan dan pembacaan informasi menjadi lebih mudah dan dapat diangkut ke mana-mana.

BACA JUGA:   Cara Menambah Teks di Lightroom Android

Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini, manusia dapat berkomunikasi lebih efektif dan menyimpan informasi dengan lebih baik, membuka jalan bagi peradaban untuk berkembang dan berinteraksi satu sama lain.


Also Read

Bagikan:

[addtoany]