Souvenir Sumatera Utara

Darma Zanna

Sumatera Utara adalah provinsi yang terletak di pulau Sumatera, Indonesia. Provinsi ini terkenal dengan kekayaan budaya, sejarah, dan alamnya yang menakjubkan. Salah satu hal yang menjadi daya tarik bagi wisatawan adalah souvenir khas Sumatera Utara.

1. Ulos Batak

Salah satu souvenir yang paling terkenal dari Sumatera Utara adalah Ulos Batak. Ulos adalah kain tradisional suku Batak yang memiliki makna dan nilai budaya yang tinggi. Ulos Batak terbuat dari serat alami seperti kapas atau serat tanaman yang dihasilkan melalui proses tenun tangan. Souvenir berupa Ulos Batak banyak dijual di pasar tradisional di Sumatera Utara, seperti Pasar Siantar dan Pasar Bolu.

2. Kopi Mandailing

Sumatera Utara juga terkenal dengan kopi berkualitasnya, salah satunya adalah kopi Mandailing. Kopi Mandailing merupakan salah satu varietas kopi yang berasal dari daerah Mandailing, Sumatera Utara. Kopi ini memiliki rasa yang khas dan aroma yang sangat menarik. Souvenir berupa kopi Mandailing dapat ditemukan di toko oleh-oleh di Sumatera Utara dan juga dapat dibeli langsung di lokasi perkebunan kopi Mandailing.

3. Songket Sumatera Utara

Songket adalah salah satu kain tradisional Indonesia yang dihiasi dengan benang emas atau perak. Sumatera Utara memiliki kekayaan songket yang sangat indah dan beragam motifnya. Souvenir berupa songket Sumatera Utara bisa berupa kain, baju, atau aksesoris yang dijual di toko-toko di kota-kota seperti Medan, Padang Sidempuan, dan Pematang Siantar.

4. Kerajinan Tenun

Selain Ulos Batak, Sumatera Utara juga terkenal dengan kerajinan tenunnya. Tenun adalah proses membuat kain dengan menenun benang menjadi pola tertentu. Souvenir berupa kerajinan tenun Sumatera Utara dapat berupa tas, dompet, tempat tisu, atau aksesoris lainnya. Kerajinan tenun ini juga dapat ditemukan di toko-toko oleh-oleh di Sumatera Utara.

BACA JUGA:   Samsat Sumatera Utara

5. Rattan Craft

Sumatera Utara juga terkenal dengan kerajinan anyaman dari rotan. Kerajinan anyaman dari rotan Sumatera Utara dikenal dengan kualitas dan desainnya yang unik. Souvenir berupa kerajinan anyaman dari rotan, seperti tas, tempat penyimpanan, dan hiasan dinding, juga dapat menjadi pilihan yang menarik.

6. Makanan Khas

Selain souvenir berupa barang, Sumatera Utara juga memiliki beragam makanan khas yang dapat dijadikan oleh-oleh. Contohnya adalah bika Ambon, bolu gulung, ting-ting, dan kacang telur Medan. Souvenir berupa makanan khas Sumatera Utara dapat ditemukan di toko oleh-oleh atau pasar tradisional di Sumatera Utara.

Jadi, jika Anda berencana berkunjung ke Sumatera Utara, pastikan untuk membawa pulang souvenir khas dari daerah ini. Dari Ulos Batak, kopi Mandailing, songket, kerajinan tenun, kerajinan anyaman, hingga makanan khas, Sumatera Utara memiliki berbagai pilihan souvenir yang unik dan bernilai budaya.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]