PPDB SMAN 10 Samarinda

Darma Zanna

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan proses seleksi calon siswa yang dilakukan setiap tahun oleh sekolah. Salah satu sekolah yang melakukan PPDB adalah SMAN 10 Samarinda. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang PPDB di SMAN 10 Samarinda dengan memberikan detail yang relevan.

1. Mekanisme Pendaftaran

Pendaftaran PPDB SMAN 10 Samarinda dilakukan secara online melalui website resmi sekolah. Calon siswa diharuskan mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan mengunggah dokumen-dokumen yang diminta, seperti akta kelahiran, kartu keluarga, dan rapor semester terakhir. Selain itu, calon siswa juga akan diminta untuk memilih jurusan yang diminati.

2. Prosedur Seleksi

Setelah melakukan pendaftaran, calon siswa akan mengikuti proses seleksi yang terdiri dari beberapa tahapan. Tahap awal adalah seleksi administrasi, dimana calon siswa akan diverifikasi berdasarkan dokumen yang disampaikan saat pendaftaran. Calon siswa yang lolos seleksi administrasi akan melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu tes tertulis yang meliputi mata pelajaran seperti matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

Setelah tahap tes tertulis, calon siswa akan mengikuti tahap wawancara. Wawancara dilakukan oleh tim seleksi yang terdiri dari guru-guru SMAN 10 Samarinda. Dalam tahap ini, calon siswa akan dinilai berdasarkan kemampuan berkomunikasi, motivasi, dan pemahaman tentang jurusan yang dipilih.

3. Kriteria Seleksi

SMAN 10 Samarinda memiliki kriteria seleksi yang harus dipenuhi oleh calon siswa. Kriteria-kriteria tersebut dapat berbeda setiap tahun tergantung dari kebijakan sekolah. Beberapa kriteria yang sering digunakan adalah:

  • Nilai rapor semester terakhir
  • Prestasi akademik maupun non-akademik
  • Hasil tes tertulis
  • Hasil wawancara
  • Jumlah kuota setiap jurusan

Kriteria tersebut akan digunakan oleh tim seleksi untuk menentukan calon siswa yang diterima di SMAN 10 Samarinda.

BACA JUGA:   Puisi: Papua

4. Pengumuman Hasil Seleksi

Setelah proses seleksi selesai, pengumuman hasil seleksi akan dilakukan oleh sekolah. Pengumuman ini biasanya dilakukan melalui website resmi sekolah dan juga papan pengumuman di sekolah. Calon siswa yang dinyatakan lolos seleksi akan diminta untuk melakukan proses pendaftaran ulang dan membayar biaya administrasi.

5. Sistem Penerimaan

SMAN 10 Samarinda menggunakan sistem zonasi untuk penerimaan siswa. Artinya, calon siswa yang tinggal di sekitar wilayah sekolah akan memiliki prioritas lebih tinggi. Namun, jika kuota masih tersedia, SMAN 10 Samarinda juga membuka kesempatan bagi calon siswa dari luar wilayah sekolah.

6. Rekomendasi dan Tips

Bagi calon siswa yang ingin mendaftar PPDB di SMAN 10 Samarinda, beberapa rekomendasi dan tips yang dapat diambil adalah:

  • Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan lengkap dan benar.
  • Manfaatkan waktu yang ada untuk mengikuti persiapan tes tertulis dan wawancara.
  • Cari informasi mengenai profil sekolah, jurusan yang tersedia, dan kriteria seleksi yang digunakan oleh sekolah.
  • Jangan lupa untuk mengikuti tanggal pengumuman hasil seleksi dan jika dinyatakan diterima, segera melakukan pendaftaran ulang.

Semoga informasi ini dapat membantu para calon siswa yang tertarik untuk mendaftar PPDB di SMAN 10 Samarinda. Sukses untuk perjalanan pendidikan kalian!

Also Read

Bagikan:

[addtoany]