Perbedaan Xiaomi 8 dan 8 Lite

Darma Zanna

Pendahuluan

Xiaomi 8 dan 8 Lite adalah dua varian smartphone yang dirilis oleh perusahaan teknologi asal Cina, Xiaomi. Meskipun keduanya berada di dalam seri yang sama, yaitu seri Xiaomi 8, namun terdapat beberapa perbedaan yang signifikan antara Xiaomi 8 dan 8 Lite.

Perbedaan dalam Segi Desain

Dalam hal desain, Xiaomi 8 dan 8 Lite memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Xiaomi 8 hadir dengan desain yang lebih mewah dan premium dengan balutan bodi berbahan kaca pada bagian depan dan belakang serta frame terbuat dari bahan logam. Sementara itu, Xiaomi 8 Lite menawarkan desain yang lebih sederhana dengan bodi berbahan plastik pada bagian belakang. Desain yang lebih sederhana pada Xiaomi 8 Lite mungkin ditujukan untuk menjaga harga yang lebih terjangkau.

Perbedaan dalam Segi Spesifikasi

Ketika kita melihat spesifikasi dari Xiaomi 8 dan 8 Lite, terdapat beberapa perbedaan yang signifikan.

Di sisi layar, Xiaomi 8 hadir dengan layar Super AMOLED berukuran 6.21 inci dengan resolusi Full HD+, sedangkan Xiaomi 8 Lite memiliki layar IPS LCD berukuran 6.26 inci dengan resolusi hanya HD+.

Perbedaan lainnya terletak pada chipset yang digunakan. Xiaomi 8 ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 845, yang merupakan chipset kelas atas dengan performa yang lebih tinggi. Sementara itu, Xiaomi 8 Lite menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 660 yang lebih rendah performanya dibandingkan Snapdragon 845.

Selain itu, Xiaomi 8 memiliki RAM 6GB atau 8GB, sementara Xiaomi 8 Lite hanya tersedia dengan RAM 4GB atau 6GB. Perbedaan ini akan berpengaruh pada performa multitasking dan penggunaan aplikasi yang lebih intensif.

Perbedaan dalam Segi Kamera

Kamera merupakan salah satu aspek yang penting dalam smartphone. Xiaomi 8 memiliki kamera utama ganda dengan konfigurasi 12MP + 12MP, yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat baik. Sementara itu, Xiaomi 8 Lite hanya dilengkapi dengan kamera utama tunggal 12MP.

BACA JUGA:   Cara Reset Password BIOS Acer Aspire One

Selain itu, Xiaomi 8 juga dilengkapi dengan teknologi pengambilan gambar yang lebih canggih, seperti optical zoom, OIS (Optical Image Stabilization), dan kemampuan merekam video dengan resolusi 4K. Fitur-fitur tersebut tidak dimiliki oleh Xiaomi 8 Lite.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Xiaomi 8 dan 8 Lite memiliki perbedaan yang signifikan dalam segi desain, spesifikasi, dan kamera. Xiaomi 8 menawarkan desain yang lebih premium, spesifikasi yang lebih tinggi, dan kamera yang lebih canggih. Sementara itu, Xiaomi 8 Lite hadir dengan desain yang sederhana, spesifikasi yang lebih rendah, dan kamera yang lebih standar. Pemilihan antara kedua varian ini tergantung pada preferensi pengguna, ketersediaan budget, dan kebutuhan penggunaan smartphone yang spesifik.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]