Panduan Lengkap Harga Mediol di Apotik Umum

Darma Zanna

Pengenalan Mediol

Mediol adalah nama umum untuk obat yang mengandung metilprednisolon, sebuah kortikosteroid yang digunakan untuk mengurangi peradangan dan menekan sistem imun. Obat ini biasanya diresepkan untuk kondisi seperti asma, alergi, dan penyakit autoimun.

Ketersediaan Mediol di Apotik

Mediol dapat ditemukan di berbagai apotik umum dan online. Salah satu contoh adalah Medrol 4mg yang tersedia di apotek online K24Klik dengan harga Rp 6.142 per tablet.

Cara Kerja Mediol

Metilprednisolon, komponen aktif dalam Mediol, bekerja dengan menekan perekaman mRNA di beberapa sel, termasuk limfosit, dan menghambat mediator inflamasi, yang mengurangi respon jaringan terhadap proses inflamasi.

Indikasi Penggunaan Mediol

Mediol digunakan untuk mengobati berbagai kondisi inflamasi seperti bursitis akut dan subakut, dermatitis eksfoliativa, rinitis alergi, dan asma bronkial.

Dosis dan Cara Penggunaan

Dosis awal Mediol biasanya berkisar antara 4-48 mg per hari, tergantung pada kondisi yang diobati. Terapi dosis tinggi bisa mencapai 160 mg per hari selama seminggu, dilanjutkan dengan 64 mg per hari selama satu bulan.

Efek Samping dan Perhatian

Seperti semua obat, Mediol juga memiliki efek samping potensial, termasuk gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit, kelemahan otot, dan osteoporosis. Penting untuk mengikuti resep dokter dan memperhatikan kondisi kesehatan selama penggunaan obat ini.

Referensi dan Sumber Informasi

Informasi tentang Mediol dan harga di apotik umum dapat ditemukan di situs resmi BPOM, Medscape, dan MIMS Indonesia untuk tahun 2024.


Catatan: Artikel ini disusun berdasarkan informasi yang tersedia hingga Maret 2024. Untuk informasi terkini, selalu konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

BACA JUGA:   Makanan Bayi yang Tidak Mengandung Beta Karoten

Also Read

Bagikan:

[addtoany]