Larangan Ibu Hamil Menurut Adat Sunda

Darma Zanna

Ibu hamil dalam budaya Sunda memiliki sejumlah larangan yang harus diikuti selama masa kehamilan. Adat Sunda adalah salah satu budaya yang masih sangat dijunjung tinggi di Jawa Barat. Dalam budaya ini, terdapat keyakinan bahwa ibu hamil memiliki kekuatan spiritual yang sangat besar, sehingga mereka dianggap perlu menjalani serangkaian larangan demi menjaga kesehatan dan keberhasilan kehamilan.

Berikut adalah beberapa larangan yang biasanya diikuti oleh ibu hamil dalam budaya Sunda:

  1. Menghindari Makanan Panas atau Pedas: Ibu hamil Sunda dianjurkan untuk menghindari makanan yang terlalu panas atau pedas. Ini karena makanan yang panas atau pedas dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang dapat berdampak buruk pada kondisi kesehatan ibu dan janin.

  2. Tidak Boleh Memperoleh Cela: Ibu hamil Sunda diyakini tidak boleh mendapatkan cela atau cacian. Hal ini dikarenakan adanya keyakinan bahwa cela yang diperoleh selama masa kehamilan dapat mempengaruhi karakteristik dan kepribadian anak yang akan dilahirkan.

  3. Tidak Boleh Mengikuti Upacara Pemakaman: Salah satu larangan yang paling penting dalam budaya Sunda adalah larangan bagi ibu hamil untuk mengikuti upacara pemakaman. Ini karena diyakini bahwa kehadiran ibu hamil dalam upacara pemakaman dapat mempengaruhi jiwa bayi yang ada dalam kandungan.

  4. Tidak Boleh Menjelek-jelekkan Orang Lain: Ibu hamil Sunda diharapkan untuk tidak menjelek-jelekkan atau mencela orang lain. Hal ini dipercaya dapat berdampak negatif pada pertumbuhan dan perkembangan janin.

  5. Tidak Boleh Mengikuti Ritual Jawa Timuran: Ibu hamil dalam budaya Sunda juga dilarang mengikuti ritual-ritual yang berasal dari Jawa Timuran. Hal ini dikarenakan perbedaan adat dan kepercayaan antara kedua budaya tersebut.

  6. Tidak Boleh Menyentuh Keranda atau Peti Mati: Ibu hamil Sunda dilarang menyentuh keranda atau peti mati. Diyakini bahwa kedekatan fisik dengan keranda atau peti mati dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin.

  7. Tidak Boleh Memasak di Dalam Rumah: Salah satu larangan yang unik dalam budaya Sunda adalah larangan bagi ibu hamil untuk memasak di dalam rumah. Hal ini disebabkan oleh keyakinan bahwa aroma masakan yang kuat dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil.

BACA JUGA:   Risiko dan Efektivitas Penggunaan "Pil Peluntur Kandungan"

Larangan-larangan tersebut bukanlah sesuatu yang wajib diikuti oleh semua ibu hamil dalam budaya Sunda, namun merupakan tradisi dan kepercayaan yang tetap dijunjung tinggi oleh sebagian orang. Meskipun terlihat kuno dan superstitius bagi beberapa orang, penting untuk menghormati dan menghargai adat dan kebiasaan setempat, terutama saat menghadapi perbedaan budaya dan keyakinan.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]