Larangan Ibu Hamil 7 Bulan

Darma Zanna

Ibu hamil yang telah memasuki usia kehamilan 7 bulan atau sekitar 28-32 minggu memasuki masa trimester ketiga kehamilan. Pada masa ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ada beberapa larangan yang sebaiknya dihindari. Berikut adalah larangan yang harus diingat dan diikuti oleh ibu hamil pada usia kehamilan 7 bulan:

1. Menghindari Aktivitas Berat dan Mencurigakan

Pada usia kehamilan 7 bulan, bobot bayi dalam kandungan sudah semakin bertambah. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya menghindari aktivitas yang terlalu berat dan melelahkan, seperti mengangkat benda berat atau berdiri terlalu lama. Aktivitas yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan ibu hamil dan berisiko mempengaruhi kesehatan janin.

2. Hindari Terjatuh dan Cedera

Ibu hamil perlu berhati-hati terhadap risiko terjatuh dan cedera. Pada tahap ini, perubahan gravitasi dan perubahan postur tubuh ibu hamil dapat membuatnya lebih rentan terhadap jatuh. Hindari berjalan di permukaan licin atau tidak rata, pakailah sepatu dengan sol yang aman, dan jika perlu gunakan pegangan atau alat bantu untuk menjaga keseimbangan. Selain itu, juga penting untuk menghindari aktivitas yang berisiko seperti bersepeda, bermain olahraga yang berpotensi cedera, atau melakukan kegiatan di tempat yang ramai dan berpotensi bahaya.

3. Menghindari Stres dan Emosi yang Negatif

Stres dan emosi negatif dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Pada usia kehamilan 7 bulan, kestabilan emosi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan ibu dan janin. Hindari situasi yang bisa menimbulkan stres berlebihan, lingkungan yang tidak kondusif, dan konflik yang berpotensi meningkatkan emosi negatif. Jika diperlukan, mintalah dukungan dari keluarga dan teman-teman terdekat.

4. Batasi Konsumsi Makanan Tertentu

Selama usia kehamilan 7 bulan, ibu hamil perlu memperhatikan pola makan agar memberikan nutrisi yang cukup bagi perkembangan janin. Namun, terdapat beberapa makanan yang sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dengan batasan, seperti makanan laut mentah atau setengah matang yang berisiko mengandung bakteri atau parasit, makanan instan mengandung pengawet dan pewarna buatan yang dapat berpengaruh buruk bagi janin, dan makanan tinggi kafein yang dapat mempengaruhi pertumbuhan janin. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan pedoman makanan yang tepat.

BACA JUGA:   Hiperemesis Gravidarum Tingkat 1, 2, dan 3

5. Menghindari Paparan Zat Beracun

Paparan zat beracun atau bahan kimia berbahaya dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Pada usia kehamilan 7 bulan, hindarilah paparan zat seperti cat, deterjen, bahan pembersih rumah tangga, dan zat kimia berbahaya lainnya. Pastikan ruangan tempat tinggal ibu hamil memiliki sirkulasi udara yang baik, hindari penggunaan pestisida atau bahan kimia rumah tangga yang berpotensi berbahaya, dan gunakan masker atau alat pelindung diri jika diperlukan.

Dengan mematuhi larangan-larangan ini, ibu hamil dapat menjaga kesehatan dan kenyamanan diri sendiri serta janin yang sedang dikandung. Selain itu, selalu konsultasikan setiap keluhan atau pertanyaan yang timbul dengan dokter kandungan untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi ibu hamil masing-masing.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]