Kenapa Discord Tidak Ada Suara

Darma Zanna

Discord adalah aplikasi komunikasi suara dan teks yang populer di kalangan gamers dan komunitas online. Meskipun dirancang untuk memberikan kualitas suara yang tinggi, terkadang pengguna mengalami masalah di mana suara tidak muncul saat menggunakan aplikasi Discord. Berikut beberapa alasan yang mungkin menjelaskan mengapa hal ini terjadi:

1. Masalah pada Pengaturan Perangkat Audio

Salah satu alasan umum mengapa Discord tidak memiliki suara adalah karena masalah pada pengaturan perangkat audio. Pastikan bahwa perangkat audio yang digunakan terhubung dengan benar dan diatur sebagai perangkat keluaran suara default di pengaturan sistem komputer Anda. Anda juga dapat memeriksa pengaturan audio di dalam aplikasi Discord dan memastikan bahwa mikrofon dan speaker atau headphone terhubung dengan benar dan diatur dengan benar.

2. Pengaturan Kehilangan Fokus

Discord memiliki fitur pengaturan yang memungkinkan Anda mengontrol perilaku aplikasi ketika tidak berfokus. Jika pengaturan ini diatur untuk "Mute on Focus Loss" (membisu saat kehilangan fokus), maka aplikasi Discord akan mematikan suara ketika Anda beralih ke aplikasi lain atau berpindah ke desktop. Pastikan untuk memeriksa pengaturan ini dan menyesuaikannya jika perlu agar suara tidak mati secara otomatis saat Anda berpindah jendela.

3. Masalah Koneksi Internet

Koneksi internet yang tidak stabil atau lambat juga dapat mempengaruhi kualitas suara dalam aplikasi Discord. Pastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet yang baik dan stabil saat menggunakan Discord. Jika masalah persisten, ada baiknya mencoba menggunakan Discord di jaringan internet yang berbeda atau memeriksa dengan penyedia layanan internet Anda untuk memastikan bahwa tidak ada masalah yang mempengaruhi koneksi internet Anda.

4. Masalah dengan Server Discord

Kadang-kadang, masalah suara pada Discord disebabkan oleh masalah dengan server Discord itu sendiri. Biasanya, ketika ada masalah server, ada pengumuman di situs mereka atau akun media sosial resmi mereka. Pastikan untuk memeriksa apakah ada laporan masalah yang sedang berlangsung sebelum menganggap masalah berada di pihak Anda.

BACA JUGA:   Mengapa Foto yang Diunggah ke Instagram Menjadi Hitam?

5. Masalah dengan Perangkat Lunak

Jika masalah suara berlangsung lama dan tidak ditemukan masalah pada perangkat keras atau koneksi internet, mungkin ada masalah dengan perangkat lunak Discord itu sendiri. Dalam kasus ini, disarankan untuk memperbarui aplikasi Discord ke versi yang paling baru atau mencoba menginstal ulang aplikasi untuk memperbaiki bug atau masalah lainnya yang mungkin terjadi.

6. Masalah dengan Perizinan Mikrofon/Speaker

Pada beberapa sistem operasi, seperti Windows, izin akses mikrofon dan speaker harus diizinkan agar dapat digunakan dalam aplikasi seperti Discord. Pastikan untuk memeriksa pengaturan perizinan di pengaturan sistem komputer Anda dan memastikan bahwa Discord memiliki izin akses yang tepat untuk menggunakan perangkat audio Anda.

Kesimpulan

Jadi, ada beberapa alasan mengapa Discord tidak memiliki suara. Beberapa alasan tersebut mungkin terkait dengan masalah pada pengaturan perangkat audio, pengaturan kehilangan fokus, masalah koneksi internet, masalah pada server Discord, atau masalah dengan perangkat lunak itu sendiri. Dengan memeriksa faktor-faktor ini, Anda dapat mengatasi masalah suara yang tidak muncul saat menggunakan Discord.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]