Kebutuhan Nutrisi pada Anak

Darma Zanna


Pengantar

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai kebutuhan nutrisi pada anak. Nutrisi yang tepat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Kebutuhan nutrisi yang optimal akan membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat, meningkatkan fungsi otak, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, pemenuhan nutrisi yang tepat mutlak diperlukan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kebutuhan Kalori

Anak-anak membutuhkan kalori yang cukup untuk memberikan energi bagi proses pertumbuhan dan aktivitas harian mereka. Kebutuhan kalori akan berbeda tergantung pada usia, tingkat aktivitas, dan faktor lainnya.

  • Bayi usia 0-6 bulan: Kebutuhan kalori rata-rata sekitar 500-800 kalori per hari, yang sebagian besar akan dipenuhi oleh ASI atau susu formula.
  • Bayi usia 7-12 bulan: Kebutuhan kalori rata-rata sekitar 800-1000 kalori per hari, dengan peningkatan dalam konsumsi makanan padat.
  • Anak usia 1-3 tahun: Kebutuhan kalori rata-rata sekitar 1000-1400 kalori per hari, dengan peningkatan dalam variasi makanan dan tekstur makanan.
  • Anak usia 4-8 tahun: Kebutuhan kalori rata-rata sekitar 1400-1800 kalori per hari, dengan peningkatan dalam pemenuhan nutrisi mikro.
  • Anak usia 9-13 tahun: Kebutuhan kalori rata-rata sekitar 1800-2200 kalori per hari, dengan peningkatan kebutuhan energi untuk pertumbuhan yang cepat.
  • Remaja usia 14-18 tahun: Kebutuhan kalori rata-rata sekitar 2200-3200 kalori per hari, dengan penyesuaian tergantung pada tingkat aktivitas dan perkembangan fisik.

Nutrisi Makro

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam diet sehat anak-anak. Makanan sumber karbohidrat seperti nasi, roti, pasta, dan sereal harus diberikan dalam jumlah yang cukup. Optimalnya, setidaknya 50-60% kalori harian anak berasal dari karbohidrat kompleks yang lebih bermanfaat, seperti gabah utuh atau biji-bijian.

Protein

Protein penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan pemeliharaan jaringan tubuh. Anak-anak membutuhkan asupan protein yang cukup setiap hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka. Sumber protein yang baik meliputi daging tanpa lemak, ikan, telur, produk susu rendah lemak atau tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

BACA JUGA:   Penyebab Nutrisi Anak Terlambat Bicara

Lemak

Lemak pada anak juga penting untuk pemenuhan kebutuhan kalori, penyerapan vitamin, dan perkembangan otak. Namun, pemilihan jenis lemak yang sehat sangat penting. Hindari lemak jenuh dan trans, seperti yang ditemukan dalam makanan cepat saji dan makanan olahan. Sebaliknya, berikan lemak sehat seperti lemak tak jenuh, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan ikan berlemak.

Nutrisi Mikro

Vitamin dan Mineral

Anak-anak memerlukan vitamin dan mineral dalam jumlah yang tepat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, perkembangan tulang dan gigi, serta fungsi otak yang optimal. Pastikan mereka mendapatkan sumber vitamin dan mineral dari makanan sehat seperti buah, sayuran, biji-bijian, produk susu, dan sumber protein sehat seperti ikan.

Serat

Serat penting untuk pencernaan yang sehat dan pengendalian berat badan. Berikan anak Anda makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan. Juga pastikan anak Anda minum cukup air untuk membantu serat bekerja secara efektif.


Dengan memberikan nutrisi yang tepat dan seimbang, kita dapat membantu memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak yang sehat. Penting untuk menciptakan kebiasaan makan yang baik sejak dini dan mendidik anak-anak tentang pentingnya nutrisi yang tepat. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai kebutuhan nutrisi anak Anda.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]