Cara Pasang TWRP Vivo Y53

Darma Zanna

Apa itu TWRP?

TWRP (TeamWin Recovery Project) adalah sebuah custom recovery yang sangat populer di kalangan pengguna Android. Custom recovery ini memiliki fungsi yang lebih lengkap dibandingkan dengan recovery bawaan pabrikan. Salah satu kegunaan TWRP adalah untuk melakukan instalasi custom ROM, membuat backup dan restore data, serta menginstal modifikasi sistem pada perangkat Vivo Y53.

Persiapan Sebelum Pasang TWRP

Sebelum memulai proses pemasangan TWRP pada perangkat Vivo Y53, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan:

  1. Baterai terisi penuh: Pastikan baterai perangkat Vivo Y53 Anda memiliki daya yang cukup untuk proses pemasangan TWRP.
  2. Buat Cadangan Data: Sebaiknya lakukan backup semua data penting yang ada pada perangkat Vivo Y53 Anda. Proses pemasangan TWRP bisa menghapus data yang ada pada perangkat.
  3. Unduh Firmware Vivo Y53: Anda perlu mengunduh firmware Vivo Y53 yang kompatibel dengan perangkat Anda.
  4. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging: Pada pengaturan perangkat Vivo Y53, aktifkan opsi "OEM Unlock" dan "USB Debugging" yang dapat ditemukan di "Pengaturan" > "Opsi Pengembang".

Langkah-langkah Pasang TWRP Vivo Y53

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang TWRP pada perangkat Vivo Y53:

  1. Pergi ke Mode Fastboot: Matikan perangkat Vivo Y53 Anda. Setelah mati, tekan dan tahan tombol Volume Atas + Tombol Daya secara bersamaan hingga muncul logo Vivo.
  2. Hubungkan Perangkat dengan Komputer: Hubungkan perangkat Vivo Y53 Anda ke komputer menggunakan kabel USB yang sesuai. Pastikan Anda sudah menginstal driver USB yang diperlukan pada komputer.
  3. Buka Command Prompt: Buka Command Prompt atau Terminal pada komputer Anda, lalu arahkan ke direktori di mana Anda menyimpan file yang diunduh pada persiapan sebelumnya.
  4. Ekstrak File: Ekstrak file firmware Vivo Y53 yang telah Anda unduh sebelumnya.
  5. Buka Fastboot Mode: Pada Command Prompt, ketikkan perintah adb reboot bootloader dan tekan Enter untuk memasukkan perangkat Vivo Y53 ke mode Fastboot.
  6. Cek Koneksi: Untuk memastikan perangkat Vivo Y53 telah terdeteksi dengan baik, ketikkan perintah fastboot devices pada Command Prompt. Anda akan melihat ID perangkat yang terhubung.
  7. Pemasangan TWRP: Ketikkan perintah fastboot flash recovery namafile.img pada Command Prompt. Gantilah "namafile.img" dengan nama file TWRP yang telah Anda unduh sebelumnya.
  8. Reboot: Setelah proses pemasangan selesai, ketikkan perintah fastboot reboot pada Command Prompt untuk me-reboot perangkat Vivo Y53 Anda.
  9. Masuk ke Mode Recovery: Untuk masuk ke mode TWRP, tekan dan tahan tombol Volume Atas + Tombol Daya secara bersamaan saat perangkat Vivo Y53 sedang dalam proses booting.
  10. Selesai: Anda telah berhasil memasang TWRP pada perangkat Vivo Y53 Anda. Sekarang Anda dapat menggunakan TWRP untuk melakukan instalasi custom ROM, mem-flash modifikasi sistem, dan melakukan backup atau restore data.
BACA JUGA:   Cara Instal Ulang Laptop Asus X453M

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memasang TWRP pada perangkat Vivo Y53. Pastikan Anda memahami risiko dan konsekuensi yang mungkin terjadi saat melakukan pemasangan TWRP ini. Jika tidak yakin, disarankan untuk mencari bantuan dan panduan tambahan dari komunitas pengguna Android yang lebih berpengalaman.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]