Cara Mengecek Kebocoran Arus Aki Mobil

Darma Zanna

Pada artikel ini, akan dijelaskan beberapa langkah dalam cara cek kebocoran arus aki mobil. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Siapkan Alat dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pemeriksaan, penting untuk memastikan Anda memiliki alat dan perlengkapan yang diperlukan. Beberapa alat yang bisa Anda siapkan antara lain:

  • Voltmeter atau multimeter
  • Penjepit krokodil atau probe ujung
  • Sarung tangan karet atau sarung tangan khusus keamanan

Pastikan Anda memahami cara menggunakan alat-alat tersebut sebelum memulai pemeriksaan.

2. Pastikan Mobil Dalam Keadaan Mati dan Kunci Kontak Dalam Posisi Off

Sebelum memeriksa kebocoran arus aki, pastikan mobil dalam keadaan mati total atau kunci kontak berada dalam posisi off. Hal ini penting untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan saat melakukan pengecekan.

3. Pasang Voltmeter atau Multimeter di Antara Kutub Positif dan Kabel Positif Aki

Langkah selanjutnya adalah memasang voltmeter atau multimeter di antara kutub positif aki dan kabel positif aki. Caranya adalah dengan melepas kabel positif aki dari kutub positif aki, lalu pasang probe ujung voltmeter atau multimeter pada kutub positif aki, dan pasang penjepit krokodil pada ujung kabel positif aki yang dilepas sebelumnya.

4. Set Voltmeter atau Multimeter pada Skala DC Ampere

Sesuaikan pengaturan voltmeter atau multimeter Anda pada skala DC Ampere. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengukuran arus listrik yang mengalir pada aki mobil.

5. Pastikan Semua Gear Mobil Dalam Posisi Netral

Sebelum melakukan pengukuran, pastikan semua gear mobil berada dalam posisi netral. Hal ini mencegah gerakan tiba-tiba pada mobil yang dapat mengganggu hasil pengukuran.

6. Lihat Nilai yang Ditampilkan di Voltmeter atau Multimeter

Setelah menghidupkan mobil, perhatikan nilai yang ditampilkan di voltmeter atau multimeter. Jika nilai yang ditampilkan melebihi 50 mA (miliampere), maka ada kemungkinan adanya kebocoran arus aki yang perlu diperiksa lebih lanjut.

BACA JUGA:   Analisis Usaha PT SMJ Medan

7. Mengidentifikasi Sumber Kebocoran Arus Aki

Jika terdeteksi kebocoran arus aki, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi sumber kebocoran tersebut. Anda dapat melakukannya dengan melepas satu-persatu fuse atau kabel-kabel di mobil untuk mengidentifikasi komponen mana yang menyebabkan kebocoran arus aki.

8. Perbaiki atau Ganti Komponen yang Bocor

Setelah menemukan sumber kebocoran arus aki, langkah terakhir adalah memperbaiki atau mengganti komponen yang bocor. Anda dapat membawa mobil ke bengkel atau mekanik yang berpengalaman untuk melakukan perbaikan tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memeriksa kebocoran arus aki mobil dengan lebih mudah dan efektif. Namun, jika Anda tidak memiliki pengetahuan atau keterampilan yang cukup, sebaiknya Anda meminta bantuan dari mekanik yang berpengalaman untuk memastikan pengecekan berjalan dengan aman dan tepat.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]