Cara Agar Aplikasi Tetap Berjalan di Latar Belakang Xiaomi

Darma Zanna

Saat menggunakan ponsel Xiaomi, mungkin Anda pernah mengalami pengalaman di mana aplikasi berhenti atau tertutup secara otomatis ketika beralih ke aplikasi lain atau ketika layar ponsel dalam keadaan terkunci. Hal ini dikarenakan Xiaomi memiliki fitur keamanan yang cukup ketat untuk mengoptimalkan penggunaan daya baterai dan kinerja ponsel secara umum.

Namun, ada beberapa cara agar aplikasi tetap berjalan di latar belakang pada ponsel Xiaomi. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda coba:

1. Izinkan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

  1. Buka aplikasi "Pengaturan" di ponsel Xiaomi Anda.
  2. Gulir ke bawah dan temukan opsi "Aplikasi".
  3. Pilih "Pengelolaan Aplikasi" atau "Pengaturan Aplikasi" (tergantung pada versi MIUI yang digunakan).
  4. Cari aplikasi yang ingin Anda izinkan tetap berjalan di latar belakang dan pilih aplikasinya.
  5. Di halaman aplikasi, aktifkan opsi "Izinkan berjalan di latar belakang" atau "Autostart".

Dengan mengaktifkan opsi ini, Anda memberikan izin kepada aplikasi untuk terus berjalan bahkan ketika Anda tidak menggunakannya secara langsung.

2. Nonaktifkan Optimalisasi Baterai

Xiaomi memiliki fitur optimasi baterai yang bertujuan untuk memperpanjang umur baterai ponsel. Namun, fitur ini juga dapat membatasi aktivitas aplikasi di latar belakang. Untuk memperbolehkan aplikasi tetap berjalan, Anda dapat mematikan fitur optimasi baterai dengan langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke aplikasi "Pengaturan" di ponsel Xiaomi.
  2. Pilih opsi "Baterai & Performa".
  3. Cari dan ketuk opsi "Optimisasi Baterai" atau "Pengelolaan Baterai".
  4. Gulir ke bawah dan temukan aplikasi yang ingin Anda izinkan berjalan di latar belakang.
  5. Pilih aplikasi tersebut dan pilih opsi "Tidak Ada Pembatasan".

Dengan mematikan fitur optimasi baterai untuk aplikasi tertentu, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi tersebut tetap dapat berjalan di latar belakang.

BACA JUGA:   Peluang Karier Cemerlang untuk Lulusan Teknologi Pangan

3. Menggunakan Fitur "Diperlambat"

Xiaomi juga menyediakan fitur "Diperlambat" yang memungkinkan aplikasi tetap berjalan dengan kinerja yang lebih lambat di latar belakang. Fitur ini dapat berguna jika Anda ingin menjaga aplikasi tetap berjalan tanpa membebani terlalu banyak daya baterai. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mengikuti instruksi berikut:

  1. Buka aplikasi "Pengaturan" di ponsel Xiaomi.
  2. Pilih opsi "Aplikasi".
  3. Cari aplikasi yang ingin Anda biarkan berjalan di latar belakang dan pilih aplikasinya.
  4. Di halaman aplikasi, pilih opsi "Diperlambat" atau "Penghemat Daya".

Dengan mengaktifkan fitur "Diperlambat" pada aplikasi tersebut, Anda memungkinkan aplikasi tetap berjalan di latar belakang dengan penggunaan daya yang lebih rendah.

4. Instal Aplikasi Pengoptimal Latar Belakang

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pengoptimal latar belakang dari pihak ketiga. Aplikasi semacam ini dapat membantu Anda secara otomatis mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang, mengoptimalkan penggunaan daya baterai, dan memperbolehkan aplikasi tertentu tetap berjalan.

Anda dapat mencari dan menginstal aplikasi pengoptimal latar belakang yang tersedia di Play Store atau Xiaomi App Store. Pastikan untuk membaca ulasan dan rating aplikasi tersebut sebelum menginstal.

Dalam beberapa kasus, pengaturan dan tindakan yang perlu diambil untuk menjaga aplikasi tetap berjalan di latar belakang pada ponsel Xiaomi dapat berbeda tergantung pada versi MIUI yang Anda gunakan. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda memiliki peluang yang baik untuk mempertahankan aplikasi yang ingin Anda gunakan di latar belakang ponsel Xiaomi.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]