Buah-Buahan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Darma Zanna

Ibu hamil perlu memperhatikan asupan nutrisi mereka karena apa yang mereka makan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Beberapa buah-buahan yang umumnya aman dikonsumsi oleh orang dewasa mungkin memiliki efek negatif pada kehamilan karena kandungan nutrisi atau senyawa tertentu. Oleh karena itu, ada beberapa buah-buahan yang disarankan untuk dihindari saat hamil. Berikut ini adalah beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil:

1. Pisang kepok mentah

Pisang kepok mentah mengandung tingkat pati yang tinggi dan sulit dicerna. Konsumsi pisang kepok mentah dapat menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu hamil.

2. Durian

Durian merupakan buah tropis yang sangat populer di beberapa negara Asia. Meskipun memiliki rasa yang enak, durian termasuk dalam buah-buahan yang sebaiknya dihindari saat hamil. Durian mengandung kalori yang tinggi dan bisa menyebabkan peningkatan berat badan yang berlebihan pada ibu hamil. Selain itu, kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi dalam durian juga dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional.

3. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelin yang dapat merangsang kontraksi rahim dan menyebabkan keguguran. Dalam jangka waktu yang lama dan tingkat konsumsi yang tinggi, enzim tersebut dapat berisiko bagi kehamilan dan menyebabkan gangguan di dalam tubuh ibu hamil.

4. Pepaya mentah atau setengah matang

Pepaya mentah atau setengah matang mengandung enzim papain dalam jumlah yang tinggi. Enzim ini dapat merangsang kontraksi rahim dan memicu risiko keguguran. Kandungan papain juga dapat menyebabkan diare dan gangguan pencernaan lainnya pada ibu hamil.

5. Salak

Salak memiliki rasa yang manis dan segar, namun buah ini sebaiknya dihindari selama kehamilan. Salak mengandung zat adrenergik yang dapat menstabilkan detak jantung dan tekanan darah. Konsumsi yang berlebihan saat hamil dapat menyebabkan tekanan darah yang tinggi dan berdampak buruk pada kesehatan ibu dan janin.

BACA JUGA:   Larangan Ibu Hamil Menjahit

6. Jeruk Kikit

Jeruk kikit, juga dikenal sebagai jeruk mandarin atau jeruk manis, memiliki aroma yang harum dan rasanya yang manis. Meskipun mengandung banyak vitamin C, jeruk kikit harus dihindari saat hamil. Jeruk kikit secara alami mengandung banyak asam sitrat, yang dapat menstimulasi produksi asam lambung. Konsumsi jeruk kikit secara berlebihan dapat memicu masalah pencernaan dan gangguan lainnya pada ibu hamil.

7. Kedondong

Kedondong adalah buah yang memiliki rasa asam segar dan kaya akan vitamin C. Namun, konsumsi kedondong harus dibatasi atau dihindari saat hamil karena buah ini mengandung asam oksalat. Kandungan asam oksalat dapat berinteraksi dengan mineral kalsium dalam tubuh dan membentuk kristal di ginjal, menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

8. Buah beri yang tidak terolah

Buah beri seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry biasanya aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Namun, buah beri mentah atau yang tidak terolah harus dihindari karena rentan terkontaminasi dengan bakteri seperti Salmonella atau E. coli, yang dapat menyebabkan infeksi dan keracunan makanan.

Penting untuk diingat bahwa daftar buah-buahan yang harus dihindari saat hamil dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi khusus masing-masing ibu dan janin. Oleh karena itu, sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum membuat keputusan mengenai konsumsi buah-buahan selama kehamilan.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]