Bagian Utama Multitester

Darma Zanna

Multitester adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan menguji berbagai parameter listrik dalam suatu rangkaian. Alat ini sangat penting dalam dunia elektronika dan elektroteknik. Multitester terdiri dari beberapa bagian utama yang bekerja bersama-sama untuk memberikan informasi yang akurat tentang tegangan, arus, resistansi, dan lain-lain. Namun, ada satu bagian dalam multitester yang bukan bagian utama. Bagian ini berfungsi dalam rangkaian lain dan tidak berkontribusi secara langsung dalam pengukuran listrik yang dilakukan oleh multitester.

1. Bagian Utama Multitester

Berikut adalah bagian-bagian utama yang ada dalam multitester:

a. Display

Sebagai alat pengukur, multitester memiliki layar atau display untuk menampilkan hasil pengukuran. Biasanya, multitester modern menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) yang memberikan tampilan yang jelas dan mudah dibaca. Pada layar ini, akan ditampilkan angka-angka atau simbol-simbol yang mewakili hasil dari pengukuran yang dilakukan oleh multitester.

b. Tombol dan Pemutar

Multitester dilengkapi dengan tombol-tombol dan pemutar yang digunakan untuk mengontrol dan mengatur pengukuran. Tombol-tombol ini berfungsi untuk memilih skala pengukuran, menghidupkan atau mematikan alat, serta memilih jenis pengukuran yang ingin dilakukan. Pemutar pada multitester digunakan untuk mengubah range pengukuran, seperti mengatur besarnya tegangan atau arus yang akan diukur.

c. Probe

Proble atau probe adalah bagian multitester yang digunakan untuk melakukan kontak dengan komponen atau rangkaian yang akan diukur. Pada multitester, terdapat dua jenis probe yaitu probe merah untuk mengukur tegangan dan probe hitam untuk mengukur arus atau resistansi. Probe ini berfungsi untuk mendapatkan kontak yang baik dengan rangkaian dan membantu dalam memperoleh hasil pengukuran yang akurat.

d. Rangkaian Pengukur

Rangkaian pengukur adalah bagian utama lainnya dalam multitester. Rangkaian ini akan menerima sinyal listrik melalui probe dan mengonversinya menjadi nilai yang dapat dibaca pada display. Rangkaian pengukur terdiri dari komponen-komponen khusus seperti resistor, kapasitor, dan transistor yang memiliki fungsi mengubah sinyal listrik menjadi nilai yang dapat dipahami oleh pengguna multitester.

BACA JUGA:   Mengapa Orang Madura Takut dengan Orang Lamongan?

2. Bagian Bukan Bagian Utama Multitester

Bagian dalam multitester yang bukan bagian utama adalah :

e. Lampu atau Senter

Lampu atau senter pada multitester merupakan fitur tambahan yang bukan merupakan bagian utama dari alat ini. Lampu atau senter biasanya terletak di bagian atas multitester dan digunakan untuk memberikan pencahayaan tambahan saat sedang mengukur di tempat yang minim cahaya. Meskipun berguna, lampu atau senter tidak berfungsi secara langsung dalam melakukan pengukuran elektrik dan bukan bagian utama yang ada pada multitester.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]