Contoh Buku Penerimaan Siswa Baru SD

Darma Zanna

Pada tahap penerimaan siswa baru di sebuah SD, penting untuk memiliki buku yang mencatat data penerimaan siswa baru. Buku penerimaan siswa baru SD adalah dokumen penting yang berfungsi sebagai rekam jejak penerimaan siswa baru dan data-data terkait.

Informasi yang Harus Tercatat dalam Buku Penerimaan Siswa Baru SD

Berikut ini adalah contoh informasi yang harus tercatat dalam buku penerimaan siswa baru SD:

  1. Nama Calon Siswa: Catatlah nama lengkap calon siswa baru yang mendaftar di SD, baik dengan menggunakan format nama depan dan nama belakang.

  2. Alamat: Tuliskan alamat lengkap calon siswa baru, termasuk nama jalan, nomor rumah, kota, dan kode pos. Informasi alamat ini penting untuk keperluan komunikasi dengan siswa dan keluarganya.

  3. Tanggal Kelahiran: Catatlah tanggal, bulan, dan tahun kelahiran calon siswa baru. Informasi ini penting untuk menentukan usia calon siswa dan kelas yang sesuai.

  4. Jenis Kelamin: Tentukan jenis kelamin calon siswa baru, apakah laki-laki atau perempuan. Hal ini juga akan mempengaruhi pembagian kelas.

  5. Nomor Telepon: Catat nomor telepon yang bisa dihubungi calon siswa baru atau orang tua/wali yang bertanggung jawab.

  6. Data Orang Tua/Wali: Tuliskan nama, pekerjaan, dan nomor telepon orang tua/wali calon siswa. Informasi ini penting untuk menghubungi orang tua/wali jika diperlukan.

  7. Riwayat Pendidikan: Catat data pendidikan calon siswa, seperti nama sekolah sebelumnya, tahun lulus, dan prestasi yang pernah diraih.

  8. Dokumen Pendukung: Buatlah kolom untuk mencatat dokumen pendukung yang harus disertakan, seperti fotokopi akta kelahiran, kartu keluarga, dan kartu vaksinasi.

Contoh Pengisian Buku Penerimaan Siswa Baru SD

Berikut adalah contoh pengisian buku penerimaan siswa baru SD:

No. Nama Calon Siswa Alamat Tanggal Kelahiran Jenis Kelamin Nomor Telepon Orang Tua/Wali Riwayat Pendidikan Dokumen Pendukung
1 Budi Santoso Jl. Raya Merdeka No. 7 10 Mei 2010 Laki-laki 081234567890 Agus Santoso (Ayah), Siti Fatimah (Ibu) TK Anak Ceria, Tahun Lulus: 2015 Fotokopi Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Vaksinasi
2 Anisa Widianti Jl. Pertiwi III No. 10 5 Maret 2011 Perempuan 087654321090 Ali Widianto (Ayah), Siti Rahayu (Ibu) TK Ceria, Tahun Lulus: 2016 Fotokopi Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Vaksinasi
3 Deni Nugroho Jl. Gunung Salak No. 3 20 Januari 2012 Laki-laki 081345678901 Arif Nugroho (Ayah), Retno Budi Hartanti (Ibu) TK Nusa Bangsa, Tahun Lulus: 2017 Fotokopi Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Vaksinasi
4 Siti Rahmawati Jl. Anggrek No. 15 8 September 2010 Perempuan 089876543210 Ahmad Hidayat (Ayah), Halimah (Ibu) TK Bakti Mandiri, Tahun Lulus: 2015 Fotokopi Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Vaksinasi
5 Rudi Hartanto Jl. Melati No. 2 12 Juli 2011 Laki-laki 082345678912 Hasan Hartono (Ayah), Fitriani (Ibu) TK Harapan Bangsa, Tahun Lulus: 2016 Fotokopi Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Vaksinasi
BACA JUGA:   Berita Politik Sumut

Kesimpulan

Buku penerimaan siswa baru SD adalah dokumen yang penting untuk mencatat data calon siswa yang mendaftar. Informasi yang tercatat meliputi nama calon siswa, alamat, tanggal kelahiran, jenis kelamin, nomor telepon, data orang tua/wali, riwayat pendidikan, dan dokumen pendukung. Dengan mencatat data ini dengan rapi dan akurat, sekolah dapat melakukan proses penerimaan siswa baru dengan lebih efisien dan terorganisir.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]