WordPress 3.8, Flat Mode

Menjelang akhir tahun ini wordpress merilis versi terbaru yakni 3.8 yang merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya. *padahal perasaan masih baru kemarin deh ngluarin update* (perasaanku sih).

Begitu tombol “Update” aku tekan, nunggu beberapa saat, aku langsung kaget!! Tampilan berubah jauh dari versi-versi sebelumnya,, OK langsung saja mari kita lihat dimana perbedaannya.

1. Welcome Screen

Ini adalah tampilan awal saat kita selesai meng-update wordpress kita. welcome

yang pengguna wordpress pasti kaget, ada yang beda kan? yap!! warna default-nya sekarang warna kontras, hitam dibalut putih. Dulu warna default-nya kan putih tuh.

2. Dashboard

Ini tampilan Dashboard Lama.,

dblama

ini tampilan Dashboard Baru versi 3.8

dbbaru

3. Tampilan Fresh

new1

Bagi yang sudah pernah menggunakan Sistem Operasi Windows 8 maka akan langsung menyadari bahwa wordpress 3.8 ini mempunyai konsep yang mirip dengan windows 8, yakni “Flat” atau “Datar” .

Ini dapat dilihat di jajaran menu, tampilan-tombol, tampilan tab, panel, pada wordpress 3.8. Semuanya nampak kotak-kotak (menurut saya) dan terkesan simpel dengan konsep flat/datar.

4. Theme dan Widget

new4

Yap.., ini sudah jadi ciri khas wordpress., tiap kali update pasti menyertakan theme/tema bawaan baru, nama theme bawaan versi 3.8 kali ini adalah Twenty Fourteen.

new3

Preview tema baru, Twenty Fourteen

Tampilan halaman menu theme juga diperbarui, thumbnail dari preview theme juga diperbesar, jadi bisa lega ngelihatnya. Halaman widget tak luput dari perhatian, konsep flat diterapkan di halaman menu ini, jadi terasa “enteng” saat otak-atik widget.

new6

Halaman Menu Widget juga menggunakan mode flat

5. Color Theme

new2

Versi 3.8 ini mengusung beberapa tema warna untuk tampilannya, jadi bagi yang tidak suka warna default-nya wordpress yang “hitam” , maka kita bisa memilih warna lain yang disediakan sesuai kenyamanan mata kita.

6. Mudah diakses dan Ringan

new5

Kita dapat mengakses wordpress dengan mudah, baik di smartphone, tablet, notebook, maupun desktop. Satu hal yang saya rasa dari versi 3.8 kali ini adalah “Ringan” , meskipun hanya “sedikit” penambahan loading web-nya, namun sangat berarti bukan.

Naah., aku rasa itu dulu yang aku tulis kali ini., gak terasa hampir 1 bulan gak nulis,, maklum akhir tahun, banyak laporan hehehe 😀 . Semoga bermanfaat 🙂

Comments

  1. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *