Foto Yang Paling Banyak Dilihat

bliss

Merasa tidak asing dengan gambar diatas? yaah., bagi yang masih hidup di jaman “Windows XP” pasti akan langsung bisa menerkanya. Gambar yang diberi nama “Bliss” ini adalah gambar default wallpaper dalam Sistem Operasi Windows XP.

Charles-O’Rear’s

“aah., itu pasti hasil olahan software edit photo semisal Photoshop”

Itu adalah pertama kali yang terlintas di pikiranku, ternyata fakta membuktikan hal lain. Foto ini adalah murni hasil jepretan seorang Fotografer National Geographic bernama Charles O’Rear dan tanpa sentuhan software edit photo. Pak charles menggunakan kamera berjenis format medium dan memfotonya secara hand-held (tanpa tripod atau penyangga).

Gambar tersebut diambil 5 tahun sebelum Windows XP diluncurkan, tepatnya pada tahun 1996, di daerah Sonoma County, California, Amerika Syarikat. Saat itu pak Charles sedang dalam perjalanan, dan ia melihat pemandangan yang bagus, kemudian ia berhenti sejenak untuk mengambil gambar tersebut.

Ia tidak pernah menyangka fotonya akan menjadi istimewa, hingga pada suatu hari microsoft membelinya. Ia tidak menyebutkan secara pasti berapa harga untuk foto tersebut, ia hanya menjawab bahwa harganya “luar biasa”.

blisstoday

Kini, lahan tersebut tak sama lagi, foto diatas diambil pada tahun 2006 di lokasi yang sama seperti pak charles saat mengambil gambar “Bliss”. Tak ada lagi rumput hijau segar.

Yup., begitulah sejarah singkat mengenai gambar yang paling akrab bagi para pengguna XP ini. Semoga bermanfaat 🙂 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *