Cara Melindungi Komputer Dari Bahaya Malware

malware

Malware atau perangkat perusak, yang merupakan singkatan dari malicious (jahat) dan software (perangkat lunak) merupakan perangkat lunak jahat yang diciptakan untuk merusak sistem komputer tanpa sepengetahuan sang pemilik. Malware sendiri terdiri dari pemrograman seperti script, kode, konten aktif, dan komponen lainnya yang biasanya menyebar melalui email, URL/link yang di klik, flashdisk, download file dsb.

Baru baru ini hangat terdengar kasus scam sendiri yang terjadi di Twitter dan Facebook beberapa waktu lalu akan malware yang menyebar melalui URL/link yang di klik tentang penemuan pesawat Malaysia Airlines MH 370. Setelah URL/link di klik maka pengguna akan diminta untuk mengisi sejumlah survey dan akses ke halaman profil pengguna yang memudahkan hacker utuk mendapatkan data data pribadi seperti alamat email ataupun nomor handphone.

Jelas terlihat betapa berbahayanya malware sendiri dalam keamanan jaringan komputer dan penyimpanan data digital kita. Oleh karena itu, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui indikasi indikasi seperti apa yang harus diperhatikan untuk mencegah komputer kita terinfeksi perangkat jahat atau malware :

1. Komputer berjalan lambat

Waspada jika komputer anda berjalan lambat tak seperti biasanya. Jika penggunaan hanya sebatas aplikasi ringan tetapi windows berjalan sangat lama, mungkin salah satu indikasi anda terserang virus.

2. Sering terjadi crash

Jika anda sering mendapatkan pesan “not responding” dengan penggunaan komputer yang tak bisa lagi dijalankan atau di klik, hal itu merupakan indikasi lainnya akan munculnya virus dalam komputer anda. Malware bekerja menggerogoti komponen penting di dalam komputer anda dan menghentikan program untuk berjalan dengan baik.

3. Antivirus dan firewall berhenti berfungsi

Kriteria ini cukup spesifik untuk menunjukkan komputer anda terinfeksi virus. Jika tanpa sepengetahuan anda, antivirus dan sistem keamanan anda tiba tiba berhenti beroperasi, berarti malware telah menonaktifkan sistem keamanan dan antivirus komputer anda.

4. Plugin atau toolbar yang tiba tiba terpasang

Jika anda menemukan toolbar atau plugin yang terpasang secara tiba tiba tanpa sepengetahuan anda pada browser, anda patut mewaspadai gejala malware yang mungkin membuat sistem operasi jaringan komputer anda terinfeksi virus.

Jika anda mengalami beberapa indikasi diatas, ada baiknya untuk melakukan upaya pembersihan. Atau jika anda tak mengalami nya, simak langkah langkah preventif yang harus diambil dalam mengantisipasi terjangkitnya malware pada komputer anda :

1. Install antivirus atau antimalware

Selain dapat mendeteksi serta menghapus malware, penggunaan antivirus diharapkan dapat mencegah datangnya malware dengan dilakukan scanning dan pembersihan secara mendalam.

2. Update antivirus secara rutin dan berkala

Tentu malware hadir dengan berbagai bentuk dan juga perkembangan terbaru, oleh karena itu penting bagi kita untuk melakukan update secara rutin akan antivirus dengan versi terbaru.

3. Aktifkan firewall komputer anda dan back up data data penting lainnya

Anda dapat mengaktifkan sistem keamanan jaringan melalui pengaturan di control panel komputer anda dan sebagai langkah antisipasi, anda dapat memindahkan atau back up data ke komputer, hardisk, flashidsk atau media lainnya sebagai antisipasi terjangkitnya malware pada komputer anda.

Berikut adalah beberapa penjelasan singkat akan bahaya malware dan langkah pencegahan bagi sistem keamanan komputer dan juga jaringan komputer anda. Ada baiknya sebagai anak bangsa, kita mulai perduli akan sistem keamanan jaringan komputer dengan menciptakan software yang berguna seperti software antivirus, software accounting, dsb bagi kemajuan industri komputer di Indonesia.

Article by :
Fersisilia Anggi,
Freelance Kontributor