Apakah WiFi itu?

logowifi3

Pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Wifi / WiFi / Wi-Fi adalah singkatan dari Wireless Fidelity, kalau diartikan per-kata yaitu Wireless artinya Non Kabel atau Tanpa Kabel , dan Fidelity artinya ketepatan, kejituan. Hehe., aneh kalau diartikan satu per-satu emang.

Tapi, maksud arti Wifi sebenarnya adalah standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel / Tanpa Kabel (Wireless Local Area Networks – WLAN). Singkatnya, Wifi adalah jaringan lokal tanpa kabel, titik.

Jadi, kalau biasanya untuk mengakses suatu jaringan kita membutuhkan kabel dan port-nya, maka dengan Wifi kita tidak perlu melakukan hal ini, cukup kita cari sinyal wifi-nya maka kita sudah bisa masuk ke jaringan tersebut (pastinya kita mempunyai hak akses ke jaringan tersebut, semisal “password” jika ada).

Contoh Penggunaan Wifi

  1. Berbagi koneksi internet bersama, biasanya ada pada hot spot area atau wifi area.
  2. Berbagi sumberdaya bersama, misal : Printer / File. Jika biasanya kita membutuhkan kabel LAN untuk saling berbagi printer atau file dokumen kita di kantor, maka saat ini dengan wifi sudah bisa, tanpa harus repot memasang kabel.
  3. dll.

Itu hanyalah beberapa dari sebagian besar contoh penggunaan wifi di sekitar kita, dan seperti itulah pengertian wifi. Semoga bisa menambah pengetahuan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *