Apakah HDMI Itu?

hdmi3

Sering mendengar kata HDMI? yaah., biasanya terdapat di barang2 elektronik audio video, bahkan di spesifikasi HP/Tablet kita juga bakal kerap menemuinya. Namun, apa sih sebenarnya HDMI itu?

HDMI adalah kependekan dari kata High Definition Multimedia Interface. HDMI adalah teknologi yang digunakan untuk menghubungkan seluruh sumber audio/video yang berbentuk digital. Perangkat elektronik yang sudah menggunakan teknologi digital akan mempunya port/lubang pada bagian penghubungnya yang berfungsi untuk menancapkan kabel HDMI agar bisa berkomunikasi dengan perangkat yang mendukung HDMI lainnya.

Port HDMI
Port HDMI

HDMI mampu mendukung berbagai macam format video, mulai video dengan format yang paling standard sampai yang paling tinggi (High Definition Video) atau biasa dikenal dengan sebutan HD Video.

Laptop, DVD Player, TV, atau HP keluaran saat ini biasanya sudah terpasang port HDMI. Sehingga, jika anda kurang puas menonton video di HP, kita dapat menontonnya di TV dengan cara menghubungkannya dengan kabel HDMI dari HP ke TV anda.

jeniskabelHDMI

Gambar diatas adalah tipe-tipe kabel HDMI, ada kabel HDMI Micro yang biasanya untuk digunakan di HP. Ada yang kabel HDMI Mini untuk beberapa tablet, dan kabel HDMI Full Size pada perangkat elektronik berukuran besar seperti TV, DVD Player, dll.

Struktur Kabel HDMI

hdmi (1)

Pin HDMI

Pada port HDMI terdapat 19 pin yang bertugas untuk mengirimkan data, ini berarti dalam 1 kabel HDMI terdapat 19 kabel kecil.

hdmi (2)

Kabel RCA

Ingat dengan kabel VCD Player kita dahulu yang mempunyai 3 port masing-masing untuk kabel berwarna merah, putih, dan kuning? Dengan kabel HDMI, kita cukup menggunakan 1 kabel saja. Hemat tempat dan lebih ringkas bukan?

Nah., jadi seperti itulah pengertian HDMI dan komponen-komponen yang terkait. Semoga bermanfaat 🙂 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *