Apa Saja Layanan yang Diberikan Cloud Computing…???

Naah.., kalo di postingan sebelumnya aku uda bahas tentang Apa Itu Cloud Computing (Komputasi Awan)…??? ., maka kali ini aku akan membahas tentang layanan2 yang disediakan oleh Cloud Computing., bagi yang belum tahu apa itu Cloud Computing aku saranin agar baca artikel sebelumnya agar nyambung 😀 .

Ok langsung aja mari kita mulai 😀 . Seperti yang uda dibahas diatas, kita sebagai pemakai (user) tidak perlu tahu detail bagaimana sebuah penyedia layanan (service provider) menyediakan layanan-nya, yang penting kita bisa memakai layanan mereka sesuai dengan standar layanan apa yang telah disepakati yang biasa dikenal dengan istilah Service Level Agreement (SLA). Naah berikut layanan yang diberikan oleh Cloud Computing 😀 :

1. Software as a Service (SaaS)

Adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan. Kita cukup tahu bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik.

ContohOffice 365Microsoft DynamicsSalesForce, layanan email publik (Gmail, YahooMail, Hotmail, dsb), social network (Facebook, Twitter, dsb) instant messaging (YahooMessenger, Skype, GTalk, dsb) dan masih banyak lagi yang lain.

Dalam perkembangan-nya, banyak perangkat lunak yang dulu hanya kita bisa nikmati dengan menginstall aplikasi tersebut di komputer kita (on-premise) mulai bisa kita nikmati lewat Cloud Computing. Keuntungan-nya, kita tidak perlu membeli lisensi dan tinggal terkoneksi ke internet untuk memakai-nya.

Contoh : Microsoft Office yang sekarang kita bisa nikmati lewat Office 365.

2. Platform as a Service (PaaS)

Adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita menyewa “rumah” berikut lingkungan-nya (sistem operasi, network, database engine, framework aplikasi, dll), untuk menjalankan aplikasi yang kita buat. Kita tidak perlu pusing untuk menyiapkan “rumah” dan memelihara “rumah” tersebut. Yang penting aplikasi yang kita buat bisa berjalan dengan baik di “rumah” tersebut. Untuk pemeliharaan “rumah” ini menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan.

Sebagai analogi, misal-nya kita sewa kamar hotel, kita tinggal tidur di kamar yang sudah kita sewa, tanpa peduli bagaimana “perawatan” dari kamar dan lingkungan-nya. Yang penting, kita bisa nyaman tinggal di kamar itu, jika suatu saat kita dibuat tidak nyaman, tinggal cabut dan pindah ke hotel lain yang lebih bagus layanan-nya.

Contoh penyedia layanan PaaS ini adalah :

Windows AzureAmazon Web Service, bahkan tradisional hosting-pun merupakan contoh dari PaaS.

Keuntungan dari PaaS adalah kita sebagai pengembang bisa fokus pada aplikasi yang kita buat, tidak perlu memikirkan operasional dari “rumah” untuk aplikasi yang kita buat.

3. Infrastructure as a Service (IaaS)

Adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita bisa “menyewa” infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network dsb). Kita bisa definisikan berapa besar-nya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage) , memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lain-nya yang akan kita sewa. Mudah-nya, IaaS ini adalah menyewa komputer virtual yang masih kosong, dimana setelah komputer ini disewa kita bisa menggunakan-nya terserah dari kebutuhan kita. Kita bisa install sistem operasi dan aplikasi apapun diatas-nya.

Contoh penyedia layanan IaaS ini adalah :

Amazon EC2, Windows Azure (soon), Private Cloud (apa itu Private Cloud akan kita bahas lain kali).

Keuntungan dari IaaS ini adalah kita tidak perlu membeli komputer fisik dan konfigurasi komputer virtual tersebut bisa kita rubah dengan mudah. Sebagai contoh, saat komputer virtual tersebut sudah kelebihan beban, kita bisa tambahkan CPU, RAM, Storage dsb dengan segera.

Naah begitulah layanan yang diberikan Cloud Computing., smoga bermanfaat 🙂

Artikel Terkait :

Karna panjangnya artikel ini, maka artikel ini dipecah menjadi beberapa bagian, yaitu :

  1. Apa Itu Cloud Computing…???
  2. Apa Saja Layanan yang Diberikan Cloud Computing…???
  3. Apa Saja Terminologi yang Diterapakan Pada Cloud Computing…???
  4. Apakah Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing…???

Sumber : Sumber1

 

No Responses