Apa Itu Spam…???

Aduuh spam lagi., spam lagi.., males dengernya, sumpeg lihatnya 🙁 . Hal yang sudah wajar di dunia maya., apalagi di kalangan blogger, tapi tidak semena2 blogger aja yang menerima spam, email pribadi juga bisa dikirimi spam. Spam adalah pesan yang dikirim ke banyak orang dengan isi yang sama dan si penerima tidak menginginkannya.

Yaah…, pelanggaran donk? iya., soalnya si penerima kagak menghendaki pesan itu, apalagi dalam pesan yang diterima pada umumnya berisikan iklan dari suatu produk atau perusahaan. Orang si pengirim spam disebut spammer, dan biasanya mereka dalam melakukan aksinya menggunakan alamat email fiktif/tidak nyata, maksudnya, account email-nya benar, tetapi bukan email asli dari si pengirim, makanya si spammer bebas aja ngirim isi pesan kagak penting yang bermaksud nge-iklan tanpa terdeteksi data pribadinya, gitu…,

Di dunia blog., kalo kagak ada spam emang kagak asik seeh 😀 ., kenapa? soalnya adanya spam bisa dijadikan indikator kalo blog kita itu dikenal dan banyak pengunjung-nya hehehehee.. yaah meskipun belum dapat dipastikan sepenuhnya tapi paling tidak blog kita juga uda dikenal di dunia spamming 😀 .,

Isi Pesan Spam

Hal yang mengerikan bagi blogger adalah spam, kenapa? karena isinya kagak penting banget, bahkan ada yang isinya cuma kumpulan abjad dan angka secara random, tapi di pengirimnya mencantukan link ke sebuah website, naah tuh., gak penting kan?? Dalam aksinya, si spammer umumnya menggunakan tools untuk mengirim ke list blog/email dan jumlah sekali kirim bisa langsung ratusan., ini yang membuat blog kita jadi lemot gara2 nge-load comment2 spam GJ 🙁  .

Namanya juga di dunia maya, jadi jangan heran kalo di comment blog/inbox kita tiba2 ada email berbahasa asing/acak, karena bisa jadi si pengirimnya dari luar negeri.

Bagaimana Mereka Mendapatkan Alamat Email yang Valid?

Biasanya si spammer mengambil daftar email valid yang akan di kirimi spam dari mailing list atau juga dengan mencari dari sebuah alamat website. Ada juga yang membeli dari sindikat spammer, maksudnya list dari alamat-alamat email yang valid diperjual belikan disini, sehingga proses spamming ini akan terus berjalan. 🙁 mengerikaaan 🙁

Belajar Dari Pengalaman Pribadi

Awal pertama kali nge-blog aku seneng saat di comment blog-ku ada comment dari orang luar (bahasa asing) , isinya disitu dia memuji kalo isi blog-ku bagus, bermanfaat, dan blaaa blaaa blaa.., memuji pokoknya. Pas aku klik alamat si pengirimnya ternyata diarahkan ke alamat website toko, terus dapet inpo dari temen2 ternyata itu yang namanya spam 🙁 .

Dalam hitungan menit, jumlah comment di blog-ku meningkat menjadi puluhan comment, beberapa menit lagi aku lihat udah jadi ratusan comment yang masuk, isinya udah mulai acak2-an dan lagi2 meng-iklan., dari situ yang awalnya senang menjadi risau karna blog-ku menjadi sangat lemot 🙁 . Semakin hari semakin cepat perkembangannya dan menyentuh angka ribuan dst.. menyedihkan 🙁 . Lihat tuh di bagian kanan situs ini , banyak kan spam-nya 🙁 😀 .

Nge-Block SPAM

Pasti bakal capek juga kalo tiap menit kita gunakan buat nge-hapusin comment2 GJ si spam, untuk mengatasi email spam biasanya sudah terdapat pengaturan di email kita. Kalo email dari Yahoo dan Google uda tidak perlu diragukan lagi pengaturan spam-nya.

Naah kalo yang spam comment di blog, kita bisa menggunakan plugin yang namanya Akismet . Pengaturannya-pun mudah. Kalo uda di install plugin ini ucapkan selamat tinggal pada spam daah 😀 .

Comments

  1. By Rike

    Reply

  2. By Injri

    Reply

  3. Reply

    • Reply

  4. By aira

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *