Apa Itu RSS Feed…???

Hm.., sebenarnya judul diatas adalah versi simpel dari semua pertanyaan berkaitan dengan RSS yang ada di pikiranku. Kalau versi panjangnya adalah gini, apa itu RSS? apa itu Feed? apa itu RSS Reader? apa itu Feedburner? cuman bingung mau nulis judul, makanya tak tulis gitu aja 😀 .

Bagi teman2 yang sudah terbiasa blogging pastinya ini bukan hal yang baru lagi, atau pasti mungkin sudah banyak yang menggunakannya bukan? atau mungkin sudah mengetahui ini, tapi tidak menggunakannya karena tidak tahu apa fungsinya. OK, disini aku akan coba menguraikannya menggunakan bahasaku sendiri

Apa Itu RSS?

Lihat kembali logo diatas itu, pasti sudah tidak asing dengan logo itu kan? yaah., itu adalah logo RSS (Really Simple Syndication), biasanya terletak di bagian atas sebelah kanan dan bertuliskan “Subscribe RSS” , biasanya siih., kadang ada yang cuma menampakkan log0 saja tanpa tulisan. Dan juga banyak sekali bentuk modifikasi dari logo RSS ini.

RSS ini adalah teknologi yang mengijinkan kita untuk berlangganan artikel suatu website, tapi berbeda seperti berlangganan koran/majalah pada umumnya, berlangganan RSS ini tidak membutuhkan biaya (gratis).

Situs yang menggunakan RSS biasanya adalah situs2 berita, situs ilmu pengetahuan, situs cerita, blog, dan situs sejenisnya yang selalu memberikan update artikel secara teratur (reguler). Berlanggangan RSS ini dapat diatur apakah akan ditampilkan detail artikel, atau hanya sebagian saja, tentunya admin website yang mengatur.

RSS juga dapat diibaratkan sebagai sebuah kotak yang berisi update dari suatu website langganan kita. Kalau pada Facebook, ini seperti halaman “NewsFeed” yang biasanya diakses dengan tombol “Home”.

Apa Itu Feed?

Feed adalah data berformat XML yang berfungsi untuk memberikan isi dari update suatu blog yang menggunakan fitur RSS. Gampangnya adalah gini, kalau RSS itu teknologi untuk berlangganan, maka Feed adalah isi dari hasil langganan tersebut.

Apa Itu RSS Reader?

Sudah bisa ditebak kan apa artinya? yaah., ini adalah Tools/Alat yang digunakan untuk membaca update dari website langganan kita. Jika kita sudah berlangganan website, maka setiap kali ada update berita terbaru dari website tersebut, maka akan masuk dan dapat dibaca melalui RSS Reader.

RSS Reader diantarnya adalah :

  1. Live Bookmarks : dimiliki oleh browser Mozilla Firefox, kita cukup membuka blog yang ingin kita ikuti, dan klik tombol RSS, maka tiap kali ada update akan masuk ke Menu Bookmarks.
  2. Blogger : ini fitur yang dimiliki oleh blogger, kita cukup melakukan klik “Follow” atau “Join” pada blog yang ingin kita ikuti, maka update akan masuk pada halaman Dashboard blogger kita.
  3. Google Reader : disediakan oleh google, terlebih dahulu kita harus punya email google untuk bisa menggunakannya. Semua update website akan masuk ke Google Reader ini.
  4. FeedBurner : cara berlangganan yang paling populer, semua update akan masuk ke email kita. Dijelaskan lebih lanjut di bagian bawah artikel ini.
Dan masih banyak RSS Reader lainnya., 3 diatas hanya contoh.

Kenapa Harus Ada RSS Feed?

Ceritanya begini, dulu, sebelum ditemukannya teknologi ini, jika kita senang pada suatu blog/website tertentu gara2 isinya yang menarik, maka kita akan sering mengakses website itu pada hari berikutnya guna mendapatkan berita terbaru. Naah tidak jarang kita mengalami kekecewaan gara2 ternyata tidak ada update berita/artikel pada hari tersebut. Kita pasti rugi waktu dan rugi biaya (uang).

Itu kalau kita senang pada satu website saja, bagaimana jadinya kalau kita senang pada beberapa website? atau mungkin puluhan website? setiap hari kita membuka website tersebut satu-per-satu, dan apabila ternyata tidak ada sama sekali update dari puluhan web tersebut, pastinya tambah besar rasa kecewa kita bukan? semakin banyak waktu dan biaya yang terbuang bukan?

Naah dari situlah muncul yang namanya RSS Feed ini, dengan kita berlangganan, kita cukup membuka RSS Reader kita dan melihat apakah ada update dari website yang kita ikuti, efisien bukan?.

FeedBurner

Salah satu cara berlangganan yang paling populer adalah melalui FeedBurner, feedburner mengirimkan update website ke email kita. Saat ini email sudah bukan hal asing lagi bagi kita, anak kecil-pun sudah banyak yang punya email. Jadi ini praktis, tidak perlu pakai Tools RSS Reader, cukup dengan email kita sudah bisa mengikuti update, bahkan membaca isi artikel update, melalui email.

Puluhan website dapat kita ikuti melalui email, pastinya website yang kita ikuti tersebut website menyediakan fitur FeedBurner ini.

FeedBurner Pada TanyaKenapa

Yaah., pastinya TanyaKenapa (TK) juga menyediakan fitur berlangganan melalui FeedBurner ini, agar para pembaca lebih mudah mengikuti segala informasi dan pengetahuan yang ada di TK. Update yang kami berikan bukan berupa ringkasa, tapi Full-Reading disertai gambar, jadi tidak perlu repot2 buka website TK, cukup melalui email, pembaca sudah dapat memperoleh informasi terbaru artikel TK.

Bagi para pembaca yang senang akan informasi yang dihadirkan di TK dak ingin mengikuti setiap updatenya, silahkan lakukan langkah berikut :

  1. Lihat pada Sidebar sebelah kanan TK pada bagian “Get Update”
  2. Masukkan email anda => tekan tombol Subscribe
  3. Cek email anda, dan lakukan aktifasi.
  4. Selamat!! anda sudah terdaftar sebagai pembaca TK . Dan silahkan tunggu update artikel yang terjadi setelah hari ini.

Ada hitam ada putih, ada baik ada benar, ada kelebihan ada pula kekurangan. Yaah itulah yang terjadi di dunia ini. RSS memberikan kemudahan untuk mengikuti informasi tanpa membuka website. Kekurangannya adalah (menurut saya) kita tidak tahu perkembangan website itu dari segi design dan fitur2 terbaru website yang kita ikuti.

Jadi alangkah baiknya kalau kita mengikuti update melalui RSS, tetapi tidak lupa untuk mengunjungi website kesayangan kita untuk mengetahui perkembangan fitur2-nya, dan juga memberikan Feedback atau komentar.

So? tunggu apalagi, tambah pengetahuan anda dengan berlangganan pada TK dan berikan Feedback agar kami selalu menjadi lebih baik … 🙂

Comments

  1. Reply

  2. By arsas

    Reply

  3. By aga

    Reply

  4. By Bayu

    Reply

  5. By agung

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *