Apa Itu CAPTCHA…???

hm.., sering lihat gambar kayak disamping? yakin banget aku kalo para netter sekalian pasti uda gak asing ama gambar itu. Yaah gambar ini biasanya ditemukan saat kia melakukan registrasi di sebuah website, atau juga saat hendak mengisi komentar, atau segala sesuatu yang berkaitan dengan form.

Yaah., captcha ini adalah kombinasi angka dan huruf yang disusun secara random (acak), biasanya terdapat pada form website. Pengguna harus mengisikan deretan angka dan huruf yang tertera dengan sebagai syarat agar dapat melanjutkan ke bagian selanjutnya (next step).

CAPTCHA adalah kepanjangan dari “Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart”. Panjang kan? hahahaa 😀 ., maksudnya adalah, captcha ini digunakan untuk membedakan antara manusia dan bot (robot). Robot disini maksudnya adalah software yang berjenis spam.

Kenapa Harus Ada CAPTCHA?

Kenapa harus ada? captcha dipakai untuk memastikan bahwa yang mengisi form suatu website tersebut adalah benar2 manusia, bukan mesin spam. Yaah para spammer mempunyai alat khusus (robot) yang bertujuan membuat komentar di sana sini yang bertujuan untuk mengiklan, komentar bikinannya gak penting banget.

Tidak hanya pada komentar, robot spammer juga bisa melakukan registrasi (create user) pada sebuah website yang menyediakan fitur registrasi user. Tujuannya sudah jelas, lagi lagi nye-pam (ngiklan). Bayangkan jika anda adalah admin sebuah website/blog. Kesal pastinya kan kalau banyak komentar yang GJ GJ dan nye-pam gini?

Yang di-generate dari captcha adalah berupa image (gambar) random. Dan software spam (robot) tidak dapat mendeteksi kombinasi dari image yang dihasilkan captcha 🙂 . Ini karena robot tidak punya kecerdasan dalam melihat gambar ini 😀 . Jadi dapat dipastikan bahwa yang dapat melanjutkan/men-submit isi form hanyalah manusia, karena manusia mampu untuk menebak gambar apa yang dihasilkan captcha 🙂 .

Banyak aplikasi captcha yang dapat ditemukan, yang paling banyak digunakan adalah ReCAPTCHA. ReCaptcha ini dapat kita pasang pada website/blog kita untuk menghindari spam 🙂 .

So., seperti itulah captcha dan kegunaannya., semoga bisa menambah pengetahuan kita smua 🙂 dan lebih waspada terhadap spam.

Comments

  1. Reply

  2. By Hary Lenggo Genni

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *