Perbedaan GSM dan CDMA

kartusim

Aku yakin banget udah pada gak asing lagi dengan 2 istilah diatas kan? GSM dan CDMA, yap., kalo ngomongin salah satu makhluk itu pikiran kita bakal langsung tertuju ke HP (HandPhone). Bener banget., karena dua istilah itu adalah metode yang digunakan HP untuk berkirim data, baik data text maupun suara.

Pernah mengetahui apa beda jaringan komunikasi diatas? (aku yang nulis ini juga baru tahu waktu nulis artikel ini loh,, haha 😀 ). Ok dee., mari kita bahas biar pada tahu semua. Perbedaan yang dimaksud disini adalah perbedaan cara kerja jaringan komunikasi ini bekerja, bukan perbedaan harga, fitur, atau yang lainnya.

GSM

GSM (Global System for Mobile Communications) adalah teknologi digital yang bekerja dengan mengirimkan paket data berdasarkan waktu atau bahasa kerennya Time Slot (Slot Waktu). GSM merupakan turunan dari teknologi Time Division Multiple Access (TDMA), teknologi ini akan mengirim paket data GSM menjadi beberapa time slot.

Maksudnya, setiap HP yang hendak melakukan komunikasi mendapat slot waktu sendiri untuk melakukan komunikasi tersebut. Jadi, HP tersebut hanya dapat mengirim data GSM pada slot waktu yang telah ditentukan.

CDMA

Kalau GSM menggunakan satuan waktu, maka CDMA (Code Division Multiple Access) menggunakan sistem kode, seperti nampak pada namanya. Maksudnya, setiap HP yang melakukan komunikasi dapat mengirim data CDMA kapan saja dengan menggunakan kode-kode tertentu yang unik untuk mengatur setiap komunikasi yang berlangsung.

Dan pihak penerima komunikasi juga hanya akan menerima data yang menggunakan kode yang sama dengan kode yang digunakan oleh pengirim.

Yup.., itulah perbedaan antara GSM dan CDMA., smoga dapat bermanfaat buat semuanya. Ingin berbagi informasi ini dengan teman? itu tuh ada tombol Like dan Share dibawah tulisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *